Fenomagz
Unleash the Wild Side

6 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Mata

0

Tak sedikit orang yang kurang memperhatikan kesehatan matanya dengan melakukan beberapa kebiasaan buruk

 

FENOMAGZ – Mata adalah salah satu indra yang dianggap paling penting, karena melalui mata kita bisa melihat indahnya dunia. Fungsi mata memang sangat vital. Bisa dibayangkan jika kita tidak memiliki mata, pasti hidup ini akan terasa sangat sulit.

Untuk itu menjaga kesehatan mata amat penting agar penglihatan tetap baik hingga usia tua. Namun, tak sedikit orang yang kurang memperhatikan kesehatan matanya dengan melakukan beberapa kebiasaan buruk.

Berikut adalah kebiasaan yang bisa merusak mata, seperti dikutip dari India Times.

  1. Membaca sambil tiduran dan dengan penerangan minim

reading in the dark

Ketika Anda membaca sambil tiduran, jarak baca ideal buku ke mata sulit untuk diatur. Akibatnya mata jadi lelah dan pegal. Jika hal ini sering dilakukan, maka dapat berujung pada kerusakan mata.

Selain itu, membaca dengan penerangan minim dapat memaksa kemampuan lensa mata untuk menebal dan menipis dan pupil dipaksa berdilatasi membuat mata cepat lelah. Mata akan menjadi rusak jika hal tersebut terus dilakukan. Begitu juga sebaliknya, membaca dalam keadaan sangat terang tidak baik untuk mata karena dapat menyilaukan mata.

  1. Kurang makan sayuran hijau

no vegetablesSayuran berdaun hijau sangat menyehatkan bagi tubuh secara keseluruhan, termasuk mata. Kurang makan sayur bisa mempengaruhi daya penglihatan. Maka dari itu, Fenomen sangat disarankan makan sayuran hijau, dibarengi dengan wortel dan tomat setiap hari.

  1. Berada di depan komputer atau handphone terus menerus

menatap layar komputer terus menerus

Menatap layar komputer atau handphone seharian tanpa istirahat akan membuat mata kering dan lelah. Syaraf-syaraf mata akan menjadi tegang dan bisa mengurangi kemampuan Anda melihat dengan jernih.

Berkediplah lebih sering ketika bekerja di depan komputer atau handphone. Terapkan aturan 20-20 untuk menjaga kesehatan mata Anda, yaitu 20 menit menatap layar smartphone atau perangkat elektronik lainnya dan 20 detik untuk melihat ke kejauhan agar mata Anda tidak sekedar fokus pada satu titik saja. Cara ini akan mengistirahatkan mata dari ketegangan.

  1. Merokok

dampak buruk merokok

Merokok tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh kita secara keseluruhan termasuk mata. Tidak banyak orang yang tahu jika kebiasaan merokok juga berkontribusi merusak mata. Para perokok aktif yang menghabiskan lebih dari 4 batang rokok per hari bisa mendapat risiko tinggi terkena katarak, degenerasi makula, uveitis, mata kering, diabetes retinopati, sampai berisiko mengalami kebutaan.

  1. Tidak menggunakan kaca mata hitam di bawah sinar matahari

menggunakan kacamata hitam di bawah matahari

Kaca mata hitam tidak hanya bermanfaat sebagai fashion saja. Kaca mata hitam berfungsi melindungi mata dari sinar matahari. Paparan sinar matahari berpotensi merusak mata dan memicu terjadinya katarak, serta gangguan pada retina. Jika keseharian Anda lebih banyak di lapangan atau luar ruangan, ada baiknya pakailah kacamata hitam yang bisa mem-blok sinar matahari.

  1. Menggunakan obat tetes mata saat mata merah

penggunaan obat tetes mata saat mata merah

Obat mata yang mungkin Anda beli di toko obat ternyata mengandung vasokonstriktor, bahan yang dapat mengecilkan pembuluh darah sehingga dapat membuat merah pada mata Anda tampak berkurang. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah obat mata tersebut juga mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lainnya yang dapat membuat masalah pada mata Anda dalam jangka panjang. Oleh karena itu, jika Anda mengalami mata merah, sebaiknya konsultasikan kepada dokter mata agar didapatkan penanganan yang tepat. (fmz/pm)

Baca juga:   Ini Kebiasaan yang Membuat Anda Cepat Lapar
Comments
Loading...