advertisement

6 Manfaat Hebat yang Terkandung Dalam Buah Zaitun

Berikut ini 6 manfaat yang terkandung dalam buah zaitun

Judi

judi

judi

FENOMAGZ –  Minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak sehat yang sudah populer di seluruh dunia. Tak hanya manfaat kesehatannya saja yang membuat minyak zaitun menjadi populer, melainkan juga rasanya dan manfaatnya untuk dipakai dalam semua jenis masakan. Meski begitu, seringkali orang terlalu fokus pada minyak zaitun, tetapi mereka lupa dengan buah zaitun, tempat minyak tersebut berasal.

Baca juga: Aktif Berhubungan Seksual? Jangan Lupa Lakukan 5 Tes Kesehatan Ini

Selama ini buah zaitun telah menjadi bagian dari banyak masakan. Buah zaitun bahkan memiliki manfaat yang lebih besar dari minyak zaitun sendiri. Penasaran manfaat apa saja yang ada dalam buah zaitun?

Berikut ini 6 manfaat yang terkandung dalam buah zaitun:

Mencegah obesitas

Zaitun adalah salah satu buah yang bisa dimanfaat untuk mengontrol berat badan dan membantu menurunkan berat badan. Zaitun kaya akan lemak tak jenuh yang bisa menghilangkan lemak serta menurunkan sensitivitas insulin. Zaitun juga mengandung banyak serotonin. Serotonin telah diketahui bisa membuat kita merasa lebih cepat kenyang dalam waktu yang lama. Serotonin juga bisa menurunkan tingkat kalori yang dikonsumsi dalam sehari hingga 200 kalori.

Menurunkan risiko kanker

Zaitun hitam kaya akan vitamin E yang penting untuk menjaga kesehatan sel. Vitamin E akan menetralkan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel dan mencegah terbentuknya sel kanker. kanker usus adalah salah satu jenis kanker yang bisa dicegah dengan mengonsumsi zaitun hitam.

Meningkatkan zat besi dalam tubuh

Zaitun hitam juga kaya akan zat besi. Mencukupi kebutuhan zat besi dalam tubuh dengan mengonsumsi zaitun akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan lebih efisien. Selain itu, dengan zat besi yang cukup, aliran oksigen dalam darah akan menjadi lebih efektif. Kekurangan zat besi bisa merusak jaringan.

Menyehatkan jantung

Zaitun mengandung lemak sehat yang bisa menetralkan radikal bebas dan membersihkan tumpukan lemak pada pembuluh darah arteri. Zaitun juga meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh dan bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Meredakan nyeri

Zaitun dikenal dengan kandungan antioksidan dan zat anti peradangannya yang bekerja seperti ibuprofen alami. Minyak zaitun bisa memberikan efek anti peradangan yang bisa meredakan rasa nyeri.

Kesehatan mata

Zaitun mengandung 10 persen vitamin A yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sehari-hari. Karena itu, zaitun juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Zaitun akan membantu kemampuan mata membedakan terang dan gelap. Vitamin A dalam zaitun juga menurunkan risiko katarak, degenerasi makula, glaukoma, dan penyakit yang berkaitan dengan kemampuan penglihatan. (fmz/bb)

Comments
Loading...