6 Sumber Nutrisi Untuk Membentuk Tulang Kuat

Berikut ini 6 sumber nutrisi untuk membentuk tulang agar kuat

FENOMAGZ – Berbagai vitamin dan nutrisi untuk kesehatan tulang terkadang dianggap sepele oleh sebagian orang. Padahal apabila tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkan, maka ia akan mengambil dari tulang, misalnya kalsium. Hal ini akan menyebabkan tulang cepat keropos dan terserang osteoporosis.

Baca juga: Sebelum Bercinta, Lebih Baik Mengkonsumsi Kopi Terlebih Dahulu

Berikut ini 6 sumber nutrisi untuk membentuk tulang agar kuat:

Kalsium

Kalsium memang sumber utama untuk membentuk tulang yang kuat, namun para vegetarian mungkin kekurangan sumber makanan untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Bagi Anda yang menjadi vegetarian, Anda bisa mendapatkan sumber kalsium dari suplemen kalsium sesuai dengan saran dokter.

Magnesium

Mineral kedua yang juga dibutuhkan tulang agar tumbuh sehat dan kuat adalah magnesium. Magnesium akan membantu penyerapan kalsium untuk memudahkan pembentukan tulang yang sehat dan kuat. Sumber makanan yang mengandung magnesium diantaranya adalah sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan juga gandum.

Vitamin D

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari pagi. Berjemur selama 10 sampai 15 menit selama dua atau tiga kali seminggu di bawah sinar matahari pagi akan membantu mencukupi kebutuhan asupan vitamin D untuk tulang. Selain cahaya matahari pagi, suplemen juga bisa dijadikan sumber vitamin D.

Kalium

Kalium penting untuk menjaga berat pada tulang Anda. Ketika darah menjadi terlalu asam, tulang pun bertugas melepaskan garam kalsium untuk menetralkan keasaman tersebut. Kalium membantu tulang untuk membatasi jumlah garam kalsium yang keluar dari dalam tulang. Sumber kalium bisa ditemukan pada makanan seperti pisang, jus jeruk, kismis, dan juga seafood.

Vitamin K

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin K juga berpengaruh dalam pembentukan tulang dan bekerja sama dengan vitamin D untuk membantu menyeimbangkan berat tulang. Sayuran hijau, brokoli, kacang polong, dan wortel adalah sumber makanan yang banyak mengandung vitamin K.

Vitamin B12

Hasil penelitian yang dilaporkan ke dalam laporan Journal of Endocrinology and Metabolism menunjukkan bahwa wanita memiliki kandungan vitamin B12 yang lebih sedikit, sehingga mereka mudah untuk terserang patah tulang. Maka dari itu sebaiknya Anda para wanita mulai mengonsumsi daging, telur, dan produk susu untuk mendapatkan asupan vitamin B12 yang lebih baik. (fmz/bb)

Comments
Loading...