9 Manfaat Kesehatan yang Terkandung Pada Bawang Bombay

Berikut 9 manfaat yang terkandung pada bawang bombay

FENOMAGZ – Sebagai bagian dari bumbu masakan, bawang menjadi rempah-rempah yang tidak bisa dihilangkan. Selain bawang putih dan bawang merah, bawang bombay juga sangat populer untuk dijadikan bumbu masakan bahkan camilan ringan. Bawang bombay sendiri kaya akan vitamin A, B, dan C. Dari sisi mineral, bawang bombay juga tinggi akan kalsium, fosfor, magnesium, belerang, kromium, zat besi, serta asam folat.

Baca juga: 4 Alasan Penting Untuk Melakukan Foreplay

Berikut 9 manfaat yang terkandung pada bawang bombay:

Kardiovaskular

Mengunyah bawang bombay bisa menyehatkan jantung Anda sebab bawang bombay sendiri berfungsi sebagai anti-koagulan yang baik. Zat ini membantu mencegah pengerasan arteri dan menurunkan kadar homosistein yang menyebabkan munculnya masalah pada jantung.

Anti inflamasi

Sifat anti inflamasi di dalam bawang bombay bermanfaat untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri E.coli dan salmonella. Sehingga bawang bombay juga bermanfaat untuk mengobati penyakit infeksi saluran kemih.

Anti alergi

Quercetin, adalah suatu zat antihistamin dalam bawang yang sangat membantu untuk mengobati alergi. Dibandingkan dengan zat lain, quercetin lebih mudah diserap dalam tubuh.

Meredakan gangguan pernapasan

Pilek dan batuk adalah penyakit yang mudah diobati dengan bawang bombay. Sebab zat alami di dalamnya mampu mengusir lendir di dalam pernapasan.

Mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium di dalam bawang bombay bermanfaat untuk mencegah keropos tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis.

Menjaga kesehatan mulut

Kerusakan gigi dan infeksi dalam mulut disebabkan oleh penumpukan bakteri di dalamnya. Sementara mengunyah bawang bombay bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan mulut.

Mengurangi diabetes

Kandungan kromium dalam bawang bombay membantu menurunkan kadar insulin pada penderita diabetes dan meningkatkan toleransi glukosa.

Meredakan sakit telinga

Jika Anda sedang menderita sakit telinga, bawang bombay bisa Anda gunakan sebagai obat alami. Caranya adalah oleskan getah bawang bombay di telinga Anda.

Menurunkan suhu tubuh

Udara yang panas hingga dapat meningkatkan suhu tubuh. Menurut pengobatan tradisional India, gangguan ini bisa Anda redakan dengan mengoleskan getah bawang di bawah telapak kaki Anda. (fmz/bb)

Comments
Loading...