Fenomagz
Unleash the Wild Side

Sering Begadang? Hati-Hati, Hal Ini Bisa Terjadi Pada Tubuh Anda

0

Begadang bisa menyebabkan berbagai pengaruh buruk, seperti menyebabkan kegemukan, kelelahan, hingga penyakit jantung atau stroke

Sering Begadang? Hati-Hati, Hal Ini Bisa Terjadi Pada Tubuh Anda

FENOMAGZ – Fenomen sehari-harinya adalah orang yang suka begadang? Jika ya, sebaiknya Anda mengurangi kebiasaan tersebut. Tentunya Anda tahu bukan bahwa begadang adalah kebiasaan buruk yang tidak ada manfaatnya? Berbeda halnya jika Anda memang mengerjakan pekerjaan kantor.

Begadang bisa menyebabkan berbagai pengaruh buruk, seperti menyebabkan kegemukan, kelelahan, hingga penyakit jantung atau stroke. Selain itu, masih ada beberapa akibat lain begadang untuk kesehatan. Apa saja? Berikut uraiannya.

  1. Kelelahan dan melemahnya sistem kekebalan tubuh

Begadang akan memicu tubuh dan mental Anda menjadi lelah. Hal ini karena tubuh dan mental Anda dipaksa untuk bekerja terus menerus tanpa ada jeda waktu untuk beristirahat yang cukup.

Dampak dari kelelahan itu bisa berakibat pada gangguan kesehatan serta daya tahan tubuh yang akan menurun. Saat daya tahan tubuh menurun, tubuh akan lebih rentan terhadap penyakit maupun berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti flu, demam, infeksi paru-paru, infeksi usus, hepatitis, dan lain sebagainya.

  1. Menurunnya suasana hati dan kinerja

Saat Anda kekurangan tidur, suasana hati (mood) juga bisa terkena dampak negatif. Anda akan cenderung lebih mudah marah, cemas, kurang motivasi, hingga depresi.

Karena mood Anda sedang tidak baik, hal itu juga akan berpengaruh pada kinerja, sehingga Anda jadi kurang konsentrasi dan koordinasi, penurunan energi, pelupa 01dan sering melakukan kecerobohan.

Baca juga:   Air Lemon Bisa Membantu Mengurangi konsumsi Kafein
  1. Perubahan berat badan

Akibat buruk lain dari begadang yaitu naiknya berat badan. Sadarkah Anda ketika begadang, Anda jadi lebih sering ngemil?

Kurang tidur mampu mengakibatkan terganggunya metabolisme lemak dalam tubuh. Dimana hal tersebut bisa membuat rasa lapar Anda cenderung meningkat, yang akhirnya akan berdampak pada meningkatnya berat badan.

  1. Penyakit Jantung dan stroke

Tahukah Anda bahwa begadang tidak hanya mengakibatkan naiknya berat badan dan menurunnya sistem kekebalan dan mood, tapi juga bisa mengakibatkan tingginya resiko terserang penyakit jantung dan stroke? Ya, nyatanya kurang tidur malam bisa berpengaruh pada kesehatan jantung.

Waktu tidur malam yang kurang dari enam jam bisa menyebabkan peradangan pada arteri, yang akan menyebabkan menumpuknya plak pada pembuluh darah.

  1. Diabetes

Kebiasaan begadang juga bisa memicu timbulnya penyakit diabetes tipe dua. Hal ini karena kemampuan tubuh untuk memproses glukosa, energi, dan karbohidrat yang dipakai sel sebagai bahan bakar jadi terganggu. Seseorang yang tidur sekitar 5 jam setiap malam diketahui memproses glukosa lebih lembat. (fmz/pm)

Comments
Loading...