Fenomagz
Unleash the Wild Side

Alasan Kenapa Berhenti Merokok Itu Sulit

0

Meski tahu merokok berbahaya bagi kesehatan tubuh, masih banyak saja orang yang merokok. kenapa Ya pada susah Berhenti Merokok?

FENOMAGZ – Peringatan atau sosialisasi tentang bahaya merokok mungkin sudah banyak terpampang di TV, majalah, billboard, dan lain-lain. Namun, mengapa masih ada saja orang yang merokok meski tahu hal tersebut berbahaya bagi kesehatan tubuh?

Selalu saja ada alasan yang membuat perokok kembali lagi pada kebiasaan buruknya. Kenapa sulit sekali untuk seseorang berhenti merokok? Berikut adalah alasannya.

Berhenti merokok

  1. Efek adiksi

Alasan pertama dan paling kuat dari sulitnya berhenti merokok adalah karena adiksi dari nikotin. Menurut Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K) dari RSUP Persahabatan, ketika pertama kali senyawa tersebut masuk ke dalam tubuh ia akan mengikat reseptor otak dan memerintahkannya untuk melepas hormon dopamin.

Hormon dopamin adalah hormon yang membuat seseorang bisa merasa senang dan rileks. Efek kecanduan muncul karena otak makin lama butuh dosis nikotin yang lebih besar untuk melepaskan efek ‘menyenangkan’ yang sama seperti ketika pertama merokok.

  1. Efek fisiologis

Selain membuat kecanduan, nikotin pada rokok juga diketahui bisa menjadi stimulus pada fungsi tubuh lain. Sebagai contoh seperti menekan nafsu makan, stres, dan meningkatkan konsentrasi.

“Itu yang sering dibilang efek enak ngerokok, tapi orang-orang enggak lihat dampak buruknya itu lebih. Ketika mencoba berhenti nanti apa yang dia dapatkan justru kebalikannya dari berbagai aspek tersebut,” kata dr Agus.

“Itu namanya gejala putus nikotin atau kalau untuk pemakai dibilangnya sakaw. Itu yang bikin orang sulit berhenti,” lanjutnya.

Baca juga:   Fenomen Harus Tahu ini Penyebabnya Kulit Kepala Terasa Gatal
  1. Kebiasaan

dr Agus mengatakan bahwa bila merokok sudah menjadi kebiasan, akan lebih sulit untuk seseorang berhenti sama seperti kebiasaan lainnya. Mungkin saja karena sudah terbiasa seseorang secara otomatis mengambil sebatang rokok dan tanpa sadar menulutnya.

“Orang kita setiap hari merokok, merokok sudah jadi perilaku,” kata dr Agus.

  1. Lingkungan

Penyebab terakhir mengapa seseorang sulit untuk berhenti merokok adalah biasanya karena kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Di tempat kerja atau sekolah bila masih banyak yang merokok atau tak ada yang mendukungnya maka seorang perokok juga akan kesusahan berhenti.

Motivasi menjadi hal penting dan modal utama bila perokok memang ingin benar-benar berhenti.

“Keempat hal ini harus berjalan bersama-sama. Karena kalau tidak begitu susah,” pungkas dr Agus. (fmz/pm)

Comments
Loading...