Fenomagz
Unleash the Wild Side

Alasan kenapa olahraga Pagi Sebaiknya Dilakukan Sebelum Sarapan

0

Sarapan diperlukan untuk memenuhi asupan nutrisi setelah tubuh tidak mengkonsumsi makanan, untuk olahraga tubuh membutuhkan kalori

 

FENOMAGZ – Sarapan dan olahraga pagi adalah kegiatan yang baik dalam menjaga kesehatan dan keduanya dapat mempengaruhi performa tubuh kita sepanjang hari. namun yang sering jadi dilemma adalah, jika jadwal olahraga kita adalah di pagi hari, apakah kita harus sarapan dulu atau olahraga dulu?

Sarapan diperlukan untuk memenuhi asupan nutrisi setelah tubuh tidak mengkonsumsi makanan selama kita tertidur, sedangkan untuk olahraga, tubuh membutuhkan kaloriuntuk menghasilkan energy. Dengan berolahraga setelah sarapan, tubuh akan memiliki kalori yang lebih untuk dibakar, namun tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan dengan sempurna sehingga langsung berolahraga tepat setelah makanan juga tidak disarankan.

Efek berolahraga pagi sebelum sarapan

Pada dasarnya, tubuh menyimpan cadangan energy dalam bentuk lemak dan memiliki mekanisme tersendiri untuk menyiapkan energy untuk beraktivitas, bahkan saat kita belum makan. Terdapat beberapa penelitian yang menunjukan berolahraga sebelum sarapan aman untuk dilakukan.

Jika kita ingin mengurangi lemak tubuh, maka tubuh harus menggunakan cadangan makan dalam bentuk lemak, bukan dari makanan yang kita konsumsi. Dengan berolahraga sebelum makan, energy yang dibakar juga cenderung lebih banyak karena diperoleh dari cadangan makanan dalam tubuh yang sudah siap digunakan. Selain itu, berolahraga pagi sebelum sarapan tidak akan membuat kita ingin makan lebih banyak atau kelaparan sepanjang hari.

Tak semua bisa olahraga pagi sebelum sarapan

Semakin sedikit yang berada di system percernaan anda, semakin banyak lemak yang dibakar dengan berolahraga, karena tubuh mengambil cadangan makanan dari tubuh. Jika seseorang ingin meningkatkan kebugaran fisik dan performa saat berolahraga seperti kekuatan dan kecepatan, maka berolahraga tanpa asupan nutrisi sebelumnya akan membuat efek dari berolahraga kurang efektif karena tubuh tetap membutuhkan kalori untuk dimetabolisme.

Baca juga:   5 Busana yang Harus Anda Siapkan Sebelum Traveling Ke Luar Negeri

Tips aman berolahraga pagi sebelum sarapan

Baik olahraga dan sarapan adalah kegiatan yang dipengaruhi oleh kebiasaan, sehingga metode ini juga belum tentu sesuai dengan semua orang. Namun jika anda mencoba olahraga, berikut ini tips yang bisa diikuti :

Persiapan diri anda

Bangun pagi dipengaruhi oleh jam biologis dan waktu tidur, jadi jika anda ingin berolahraga pagi, cukupilah kebutuhan waktu tidur malam sehingga tubuh siap untuk beraktivitas fisik saat pagi hari.

Lakukan olahraga yang sesuai dengan anda

Jenis olahraga yang dapat anda lakukan bisa sesuai dengan keinginan yang biasanya anda lakukan. Jika anda baru memulai, cobalah dengan berolahraga intensitas sedang seperti jalan pagi atau jogging.

Cukupilah kebutuhan air

Minumlah sekitar setengah hingga satu liter air mineral atau minuman lainnya sebelum dan sesudah berolahraga. Disankan bagi anda untuk memenuhi kebutuhan cairan ini 2 atau 3 jam sebelum olahraga.

Berhenti bila lelah dan konsumsi makan kapanpun anda suka

Jika anda merasa kelelahan dan merasa butuh makanan atau merasa lapar, berhentilah berolahraga untuk mencegah penurunan masa otot.

Cukupilah konsumsi setelah berolahraga

Hal ini perlu dilakukan dalam jangka waktu maksimal 45 menit setelah anda berolahraga, baik jika anda sudah sarapan maupun belum. Namun jangan hanya konsumsi karbohidrat, karena konsumsi protein yang harus di perbanyak. (fmz/pz)

Comments
Loading...