Fenomagz
Unleash the Wild Side

Seputar Air Putih yang Harus Anda Ketahui

Memang setiap orang memiliki kebutuhan konsumsi air putih yang berbeda-beda. Tapi normalnya, seseorang dianjurkan untuk minum air putih

0

 

FENOMAGZ – Apakah Fenomen sering minum air putih? Minum air putih sangat bermanfaat lho untuk kesehatan tubuh. Memang setiap orang memiliki kebutuhan konsumsi air putih yang berbeda-beda. Tapi normalnya, seseorang dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari.

Biasanya air putih digunakan sebagai upaya untuk menghidrasi tubuh. Akan tetapi, ada juga lho orang yang mengandalkan air putih sebagai upaya untuk menurunkan berat badan. Benarkah efektif?

Berikut adalah beberapa hal yang wajib Fenomen ketahui terkait minum air putih.

Tak Perlu Ditambah Zat Lain

Untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, dibutuhkan minum air putih dalam jumlah cukup dalam sehari. Untuk menciptakan rasa yang berbeda, tak sedikit orang yang menambahkan zat-zat lain termasuk pewarna, pemanis dan perasa pada air putih.

Namun tahukah Fenomen bahwa kebiasaan mengkonsumsi minuman dengan zat pewarna dan perasa akan membuat berat badan meningkat? Jika di konsumsi dalam jangka panjang, resiko penyakit seperti sakit jantung dan ginjal pun bisa menyerang.

Bisa Bantu Kurangi Asupan Kalori

Seorang peneliti mengatakan bahwa menambah jumlah konsumsi minum air putih akan berpengaruh pada jumlah kalori yang di asup. Sedikit saja penambahan asupan air putih bisa mengurangi jumlah konsumsi kalori, gula, sodium, dan lemak yang cukup signifikan.

Ketika seseorang menambah porsi air putih dua atau tiga gelas, maka dia mengkonsumsi 205 kalori, 18 gram gula, 235 mg sodium, dan 21 gram lemak lebih sedikit.

Air Hangat Bikin Langsing?

Pernahkah Fenomen mendengar bahwa rajin minum air putih hangat akan lebih mudah langsing? Kenyataannya, meminum cukup air putih, baik dingin maupun hangat akan membantu penurunan berat badan dalam jangka panjang.

Namun penelitian menunjukkan bahwa ternyata air dingin lebih memberikan efek positif terhadap berat badan, karena untuk menyamakan suhu air di dalam lambung seseorang akan membakar kalori lebih banyak, meski pun efek nya sangat kecil.

Jumlah Air Putih yang Disarankan

Sejumlah pakar kesehatan menyebutkan bahwa tubuh laki-laki membutuhkan 2,6 liter air per hari dan wanita sekitar 2,1 liter air per hari. Normalnya, Anda disarankan untuk minum empat sampai enam gelas air per hari, namun hal itu tergantung pada suhu dan kegiatan yang Anda lakukan. Jika Anda berada dalam suhu yang sangat panas dan habis melakukan aktivitas yang berat, minumlah air putih lebih banyak dari biasanya agar tidak dehidrasi. Dan jika Anda berada pada suhu yang dingin, konsumsi air bisa dikurangi.

Untuk mengetahui apakah tubuh Anda sedang dehidrasi atau tidak, lihatlah warna urine. Jika warna urine Anda kuning pucat, itu tanda bahwa Anda butuh lebih banyak cairan. Selain itu, jika bibir Anda kering dan tenggorokan terasa haus, itu berarti Anda sedang dehidrasi.

Kebanyakan Minum Air Putih Bisa Berujung Kematian?

Benarkah kebanyakan mengkonsumsi air putih bisa berakibat kematian? Fakta nya, mengkonsumsi air terlalu banyak dan cepat bisa menyebabkan kondisi yang disebut dengan keracunan air (water intoxication). Keracunan air akan terjadi apabila seseorang mengkonsumsi terlalu banyak air sehingga nutrisi lain di dalam tubuh menjadi terlarut yang mengakibatkan zat tersebut tidak bisa lagi melakukan tugasnya dengan baik.

Baca juga:   Dampak Buruk Jika Sering Minum Air Es

Selain itu, keracunan air juga bisa mengakibatkan ketidak seimbangan elektrolit yang akan mempengaruhi konsentrasi ion natrium dan memicu terjadinya hiponatremia. Kondisi hiponatremia yang ekstrem dapat menyebabkan seseorang koma dan kematian mendadak akibat pembengkakan otak.

Gejala yang muncul saat terjadi keracunan air sangat mirip dengan gejala keracunan alkohol yaitu mual, muntah, sakit kepala, otot melemah, kejang-kejang, serta adanya perubahan mental. Untuk memulihkannya, Anda bisa mengkonsumsi cairan yang mengandung elektrolit IV. (fmz/pz)

Comments
Loading...