advertisement

Apakah Benar Suplemen Maca Roots Memiliki Efek Samping? Ini Penjelasannya!

berikut ini penjelasan dari efek samping yang pada suplemen maca roots

Judi

judi

judi

FENOMAGZ – Suplemen maca root atau akar maca populer digunakan sebagai obat kuat herbal untuk pria. Bahkan, akar maca telah lama digunakan sejak dua ribu tahun lalu oleh pria-pria suku Inca kuno menambah gairah seksualnya. Benarkah suplemen maca roots memiliki efek samping? Ini penjelasannya!

Baca juga: 6 Pilihan Posisi Seks Yang Dapat Anda Lakukan Bersama Pasangan

Kalthleen Zelman, MPH, RD, seorang pemimpin bagian nutrisi di WebMD, mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum ada orang yang melaporkan efek samping dari penggunaan suplemen maca roots.

Akan tetapi, distribusi dan penggunaan suplemen herbal tidak diatur oleh FDA, badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat, dan juga oleh BPOM di Indonesia. Ini membuat jaminan keamanan dan risiko efek samping suplemen maca roots tidak benar-benar diketahui pasti.

Khasiat suplemen maca sejauh ini hanya dapat dibuktikan lewat eksperimen pada hewan lab atau pengujian kecil-kecilan pada manusia. Hasil percobaan inilah yang seringkali dijadikan dasar bahwa obat herbal dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Padahal, efeknya belum tentu tercermin pada khalayak publik. Selain itu, setiap produsen akan meracik produknya dengan dosis dan bahan komposisi yang berbeda, sehingga bisa menimbulkan manfaat dan risiko efek samping yang berbeda untuk setiap orang.

Banyak pula produk suplemen tidak memiliki izin edar BPOM alias ilegal. Untuk itu, Anda sebagai konsumen harus lebih bijak dalam memilih dan membeli obat herbal yang aman. Dilansir dari Men’s Health, Jamin Brahmbhatt, MD, seorang ahli urologi di Orlando Health, berpendapat bahwa maca roots bisa saja dijadikan bagian dari menu makanan sehat, namun tidak bisa dijadikan andalan satu-satunya sebagai cara tahan lama di ranjang. (fmz/bb)

Comments
Loading...