Fenomagz
Unleash the Wild Side

Apakah Mata Katarak Harus Selalu Dioperasi

berikut ini penjelasan apakah mata katarak harus selalu dioperasi

0

FENOMAGZ – Katarak merupakan salah satu penyebab utama kebutaan di dunia, juga di Indonesia. Indonesia bahkan menempati peringkat kedua dengan kasus kebutaan akibat katarak yang tertinggi setelah eutopia dan peringkat pertama di Asia Tenggara.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Kelainan Hiperseksual

Mata katarak bisa disembuhkan lewat operasi katarak. Tapi banyak orang yang enggan menjalani operasi karena takut risiko komplikasinya. Lantas, adakah cara lain untuk menyembuhkan katarak? Atau memang hanya bisa disembuhkan diatas meja operasi?

Mata berkabut yang terjadi akibat katarak tidak dapat dikurangi dengan obat-obatan. Itu sebabnya solusi yang paling sering direkomendasikan dokter untuk mengembalikan penglihatan Anda adalah dengan operasi katarak. Tapi tidak semua orang otomatis membutuhkan katarak. Operasi ini pun ditawarkan tergantung dari keparahan tingkat kataraknya.

Katarak biasanya butuh waktu bertahun-tahun untuk berkembang. Ketika mata katarak semakin parah, katarak dapat memengaruhi warna yang kita lihat. Ini membuat benda-benda yang kita lihat cenderung berwarna kuning kecokelatan keruh. Katarak sering mempengaruhi kedua mata, tapi jaranag dengan keparahan yang sama.

Tidak perlu takut atau khawatir dengan operasi. Kebanyakan orang yang menjalani operasi katarak mendapatkan penglihatan yang lebih baik setelah di operasi. Justru, semakin lama Anda menunda operasi, semakin kecil kemungkinannya penglihatan Anda bisa kembali normal.

Operasi mata katarak juga jarang menimbulkan efek samping atau komplikasi yang serius. Meski begitu, Anda mungkin perlu memakai kacamata atau kontak lens untuk sementara waktu setelah di operasi. Diskusikan lebih lanjut kepada dokter mengenai pertanyaan dan kekhawatiran Anda sepetur operasi katarak. (fmz/bb)

Baca juga:   Fakta Tentang Menu Diet Para Atlet Ternama
Comments
Loading...