Fenomagz
Unleash the Wild Side

Apakah pangan organik lebih sehat dari pangan Non-organik?

Selain kesehatan, pangan organik dikaitkan dengan kandungan nutrisi yang tinggi

0

Fenomagz – Tanaman organik dianggap memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Konsumen dari kalangan tertentu memilih pangan organik dari pada non-organik. Ini dikaitkan dengan pola hidup sehat dan ramah lingkungan yang menjadi tren global. Selain kesehatan, pangan organik dikaitkan dengan kandungan nutrisi yang tinggi.

Sebuah survey yang dilakukan pada juni 2016. Dari 1480 orang amerika serikat, sekitar 55% responden percaya bahwa produk organic lebih sehat daripada varietas yang ditanam secara konvensional dan 3% mengatakan produk yang di tanam secara konvensional lebih baik. Namun, sebanyak 42% mengatakan bahwa tidak ada perbedaan dalam hal kandungan nutrisi, antara produk organik dan non-organik.

Dari hasil penelitian tersebut ada kecenderungan konsumen memandang pangan organik mempunyai manfaat kesehatan. Yang jadi pertanyaan, apakah benar pangan organik lebih sehat dan bergizi dari pangan non-organik?

Dalam peraturan kepala BPOM Nomer 1 tahun 2017 tentang pengawasan pangan makanan organik, mencantumkan pengertian pangan organik, sebagai pangan yang berasal dari suatu lahan pertanian organik yang menerapkan praktik pengelolaan yang bertujuan untuk memelihara ekosistem dalam mecapai produktivitas yang berkelanjutan, melakukan pengendalian gulma, halma, dan penyakit, melalui beberapa cara seperti daur ulang sisa tumbuhan dan ternak, seleksi dan pergiliran tanaman, pengelolaan air, pengolahan lahan, dan penanaman serta penggunaan bahan hayati pangan.

 

Baca juga:   Tuntaskan Jerawat Membandel Di Wajah Dengan Minum Jus Ini
Comments
Loading...