Awas, Sparkling Water Ternyata Berbahaya Bagi Gigi!

berikut ini penjelasan mengapa sparkling water berbahaya untuk gigi

FENOMAGZ – Sebagai pengusir dahaga, sparkling water memang merupakan salah satu pilihan yang cukup nikmat terutama jika disajikan dingin. Ketika diminum rasa segar langsung terasa berlarian di mulut dan tenggorokan, selain itu rasanya yang ringan juga membuatnya sangat menyenangkan untuk diminum banyak-banyak. Tetapi tahukah Anda bahwa ternyata minuman ini memiliki efek yang buruk bagi gigi?

Baca juga: 6 Tempat Instagramable Yang Patut Dikunjungi Saat Ke Australia

Dibanding minuman bersoda, sparkling water memang lebih sehat karena tidak mengandung kalori atau gula. Tetapi kandungan asam karbon yang membuatnya memiliki gelembung selayaknya soda juga memiliki bahaya bagi gigi seperti minuman bersoda. Menurut Profesor Andrew Eder dari University College London’s Eastman Dental Institute kandungan asam yang dimilikinya ini mampu mengikis lapisan email pada gigi.

“Bahkan satu botol sparkling water dapat membuat lapisan sangat kecil dari email terkikis. Setelah mengonsumsi makanan atau minuman dengan kadar asam yang tinggi, kandungan tersebut akan tetap bertahan dalam mulut hingga 45 menit sebelum akhirnya kembali ke tingkat semula” terang Eder. Selain masalah gigi, pada beberapa sparkling water yang memiliki rasa terdapat kandungan gula dan pemanis yang cukup tinggi. Hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

Profesor Eder menyarankan untuk menggunakan sedotan untuk minum sparkling water karena menyebabkan minimnya kontak dengan gigi. Selain itu disarankan juga untuk hanya mengonsumsi minuman ini satu hingga dua botol saja dalam seminggu. Dengan jumlah konsumsi yang tepat, maka minuman ini tetap dapat menyegarkan Anda tanpa menjadi terlalu berbahaya. (fmz/bb)

Comments
Loading...