Fenomagz
Unleash the Wild Side

Bahaya Olahraga Sambil Mendengarkan Musik

Bahaya Olahraga Sambil Mendengarkan Musik ternyata dapat berbahaya buat Fenomen

 

Fenomagz – Bila Fenomen suka melakukan olahraga ringan seperti berlari di ruang umum seperti dijalan raya atau tempat-tempat yang diperuntukkan oleh mereka melakukan lari. Ternyata mendengarkan musik atau video saat berlari akan membuat pelari mengalami cedera kaki.

Dalam hal ini telah dibuktikan berdasarkan hipotesis para peneliti dari universitas of Florida melakukan penelitian dengan mengikut sertakan 14 pelari dalam penelitian yang dilakukan. Para partisipan merupakan pelari yang berpengalaman untuk menjalankan scenario berlari.

Beberapa penelitian melakukan beragam penelitian tahap pertama para peneliti meminta agar pelari di treadmill sambil menonton sambil mendengarkan suara yang sangat keras pada videonya, selain itu juga ada yang menyuruh pelari memilih melihat video saja dengan hanya mendegarkan suara saja. Setelah itu para pelari juga disediakan gambar dengan audio dan visual saja. Semua visual dan tingkat keberiskikan pada suara diatur oleh para peneliti.

Dalam penellitian itu semua peneliti mencatat semua kegiatan yang dilakukan oleh pelari dan ternyata terbukti kalau para pelari mengalami gangguan akibat gambar dan suara yang dihasilkan oleh video atau suara yang mereka liat dan dengarkan pada saat lari. Hal ini tentu berbeda dengan pelari yang hanya terfokus pada aktivitas olahraga larinya saja tanpa melihat video atau mendengarkan music ketika sedang lari diatas treadmill.

Selain itu juga ternyata mereka yang berlari sambil mendegarkan music dan melihat video ketika berlari memiliki nafas yang lebih berat dan memiliki detak jantung yang lebih cepat dari pada mereka yang berfokus kepada aktivitas olahraga larinya saja. Karena kurangnya pernafasan dan terlalu cepatnya jantung berdetak dapat menyebabkan pelari tersadung dan mengakibatkan pelari mengalami cedera ketika sedang melakukan aktivitas olahraga lari.

Baca juga:   Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Hal ini dilihat oleh para peneliti memang benar-benar beresiko untuk para pelari melakukan aktivitas bersamaan dengan cara melihat video atau mendengarkan musik pada saat melakukan olahraga lari. Tentu hal ini terbukti kalau sebaiknya jangan melakukan olahraga lari sambil melakukan kegiatan lain.(FMZ/AS)

Comments
Loading...