Fenomagz
Unleash the Wild Side

Bahaya Sering Mandi Air Hangat Terhadap Kesehatan

0

Mandi menggunakan air hangat memang terasa nyaman bagi tubuh, tapi tidak dianjurkan dilakukan setiap hari

 

FENOMAGZ – Mandi tidak hanya bertujuan untuk membersihkan badan dari debu kotoran dan keringat yang menempel, namun juga untuk membuat badan segar dan nyaman. Mandi menggunakan air hangat memang terasa nyaman bagi tubuh. Sensasi hangat dari air membuat tubuh terasa lebih rileks.

Namun ternyata, mandi menggunakan air hangat tidak dianjurkan dilakukan setiap hari. Apalagi jika sudah menjadi kebiasaan dalam waktu yang lama. Hal ini dikarenakan mandi dengan air hangat justru dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kondisi fisik setelah beraktivitas dan suhu air yang digunakan sangat berpengaruh terhadap hal tersebut.

Berikut ini beberapa bahaya yang bisa terjadi jika kita mandi dengan air hangat setiap hari.

  1. Sakit kepala

Saat mandi menggunakan air hangat, terjadi perbedaan suhu udara dengan suhu air. Hal ini dapat mengakibatkan masalah pada aliran darah pada tubuh menuju otak. Perubahan suhu secara tiba-tiba ini dapat membuat kita merasa sakit kepala atau pusing saat atau setelah mandi.

  1. Gangguan pencernaan

Mandi dengan air hangat atau berendam di air hangat setelah makan dapat beresiko pada sistem pencernaan. Umumnya, akan terasa mual dan menyebabkan muntah. Perbedaan suhu udara dan suhu air menyebabkan terganggunya aliran darah dalam tubuh. Umumnya kondisi ini akan lebih mudah terjadi jika mandi air hangat segera setelah makan.

  1. Memperbesar pori-pori

Suhu air yang hangat atau panas dapat melebarkan pori-pori pada kulit tubuh. Jika mandi dengan air hangat dilakukan setiap hari, maka pori-pori akan semakin sering membuka dan semakin lebar. Jika pori-pori semakin besar maka jerawat akan lebih mudah bermunculan.

  1. Menurunkan kualitas sperma

Berendam atau mandi dengan air hangat tidak baik untuk testis. Berdasarkan penelitian tahun 2007, berendam selama 30 menit dalam bak air hangat atau panas dapat menurunkan produksi sperma. Tapi efek negatif ini bersifat reversible (dapat berubah).

Eksposur air hangat atau panas bisa berdampak negatif bagi sperma karena membuat sperma membutuhkan waktu yang lama untuk matang. Perkembangan sperma terbaik dikenal pada lingkungan yang dingin, inilah sebabnya mengapa testis terletak di luar tubuh manusia, yaitu di dalam skrotum.

  1. Berpotensi terkena serangan jantung

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung, mandi air hangat berpotensi menimbulkan serangan jantung. Hal ini bisa terjadi karena perubahan suhu yang mendadak pada tubuh. Perubahan suhu tersebut berdampak pada sirkulasi dan tekanan darah dalam tubuh dan jantung. Apalagi jika air yang kita gunakan tidak sekedar hangat, namun lebih panas.

  1. Memperbesar pori-pori

Untuk membersihkan wajah dari kotoran dan minyak, mandi hangat memang dapat membantu. Namun bila Anda tidak menutup kegiatan mandi air hangat dengan air dingin, maka pori-pori Anda akan membuka dan semakin lebar, yang menyebabkan mudah terbentuknya jerawat. (fmz/pm)

Comments
Loading...