Fenomagz
Unleash the Wild Side

Bahaya Yang Mengancam Ketika Makan Nasi Bersama Mie Instan

0

Sebaiknya Fenomen hentikan kebiasaan makan mie instan dan nasi mulai dari sekarang

FENOMAGZ – Nasi merupakan makanan pokok sebagian orang Indonesia. Jika sedang tidak ada nasi biasanya orang-orang akan mencari penggantinya. Jaman kakek dan nenek kita dahulu mungkin penggantinya digantikan oleh ubi, kentang atau jagung. Akan tetapi, di jaman yang sudah serba praktis ini, mie instan sudah jadi pilihan utama pengganti nasi. Bahkan ada kebiasaan mie instan dijadikan lauk untuk teman nasi.

Dari sisi praktis, memasak mie instan sangat mudah dan murah, tanpa lauk lain, rasa mie instan sudah enak. Jika ditambah nasi, lebih enak lagi. Tapi tahukah anda bahwa kebiasaan yang enak ini bisa membahayakan kesehatan Anda?

Pada dasarnya, nasi dan mie instan sama-sama mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi. Dalam satu porsi mie instan, sudah terkandung sekitar 400 kalori, jumlah itu sama dengan satu porsi nasi ukuran sedang dan lauk pauk.

Jika satu porsi mie instan ditambah nasi, bisa Anda bayangkan sendiri berapa kalori yang masuk dalam tubuh. Bisa mencapai 600 – 700 kalori sekali makan, padahal rata-rata orang dewasa hanya butuh 1200 – 1500 kalori per hari.

Mengonsumsi mie dengan nasi mengakibatkan penyakit diabetes

Makan nasi putih dengan mie instan menghasilkan kalori kurang lebih sekitar 800-900 kalori perporsi. Hal ini sangat tidak dianjurkan bagi tubuh. Secara normal, makanan yang dicerna akan menjadi gula dan pankreas kita menghasilkan hormon insulin. Jika kita makan yang mempunyai kandungan kalorinya tinggi maka hormon insulin juga akan ikut meninggi dan hal ini tidak baik untuk tubuh, karena akan mengakibatkan pankreas kita kelebihan kapasitas dan berakibat kerusakan pankreas kemudian timbulah penyakit diabetes.

Baca juga:   Khasiat Dari Pengolesan Minyak Vitamin E pada Rambut

Bahaya kegemukan

Bahaya tersebut akan menghantui jika makan mie instan ditambah dengan nasi. Akibat dari percampuran karbohidrat dari nasi dan mie instan yang cukup berlebih bagi kebutuhan kalori tubuh hal ini bisa membuat indeks glikemik naik dan gula melonjak dengan cepat.

Maka dari itu disarankan untuk tidak makan mie instan apalagi dicampur dengan nasi agar masalah kegemukan dan diabetes bisa dihindari sedari dini. Lebih baik untuk menambahkan sayuran, telur dan daging untuk di konsumsi bersama  nasi dari pada dengan mie instan.

Ada pula hal yang perlu diingat adalah bahwa mie instan terdapat MSG dan garam, jika mengkonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan. (fmz/pm)

Comments
Loading...