Fenomagz
Unleash the Wild Side

Beberapa Cara Aneh Untuk Deteksi Penyakit Pada Manusia

Berikut ini cara aneh yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit

0

FENOMAGZ – Dalam dunia kedokteran tak selalu seperti yang di gambarkan dalam film-film atau serial televisi semisal serial House, yang menceritkan sosok jenius yang mengerti akan semua diagnosis penyakit. Umumnya pekerjaan medis harus melalui jalur panjang, mulai dari mengamati gejala pada pasien hingga inti masalahnya ditemukan. Dengan demikian, banyak orang yang akan terselamatkan.

Kendati demikian, terkadang ada saja misteri kedokteran yang solusinya di dapat dengan cara yang tidak biasa. Seperti menggunakan hewan atau pemeriksaan tak lumrah. Berikut ini cara aneh yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit:

1.Endusan anjing

endusan anjing

Selama ini, kepekaan indra penciuman anjing dapat bermanfaat bagi angkatan bersenjata, polisi, dan pemburu misalnya untuk menemukan bom, narkoba, atau benda seludupan. Sebab binatang itu bisa di latih untuk menemukan berbagai hal dengan kemampuan itu. Sejauh ini sudah ada anjing yang dilatih mencium berbagai jenis kanker, rendahnya kadar gula, bahkan datangnya serangan kejang-kejang.

Baca juga: Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Menimbulkan Penyakit Kanker

Tapi belum banyak anjing yang terlatih karena pelatihannya memakan waktu dan biaya. Anjing juga bisa bosan kalu terlalu lama tidak mencium bau penyakit.

2.Uji kehamilan melalui kelinci dan kodok

kodok

Diawal abad ke-20, ada kemajuan dengan hadirnya uji kehamilan dengan kelinci dengan kodok. Ketika hCG yang disuntikan pada kelinci mengalami pembengkakan dan perubahan warna khas pada indung telur kelinci, maka akan di ketahui bahwa si pemelik urine tengah hamil.

Baca juga:   Olahraga pagi Sebelum Sarapan

Seiring berjalannya waktu, uji kelinci kemudian diganti dengan kodok. Suatu kodok jenis betina Afrika (Xenopus laevis) yang disuntikan dengan hcg akan menghasilkan telur di keesokan harinya. Jadi, kehadiran telur-telur kodok berarti kehamilan positif.

3.Tes Kehamilan pada pria

test kehamilan

Karena pria tidak hamil, tentu mengejutkan sekali ketika suatu hari seorang pria menerima hasil test kehamilan positif.

Seorang pria yang menggunakan uji kehamilan itu kemudian menceritakan hasilnya kepada seorang temennya. Ia disangka berguyon, dan kisah itu diunggahnya kembali ke Reddit. Dalam kolom komentar, seorang pria mengusulkan agar pria tersebut segera menemui dokter. Ia menyebutkan bahwa seorang pria yang menghasilkan hormon hCG bisa jadi pertanda kanker testes. Ketika di periksa, ternyata benar bahwa dokter menemukan tumor kecil dan akhirnya pria tersebut mendapatkan perawatan tahap dini. (fmz/bb)

Comments
Loading...