Fenomagz
Unleash the Wild Side

Beberapa Penyakit yang Dapat Diketahui dari Mata Anda

gejala umum pada mata yang dapat mengungkapkan tentang kondisi tubuh anda

0

FENOMAGZ – Mata merupakan jendela bagian tubuh yang menawarkan peringatan besar bagi bermacam penyakit yang dapat mengancam jiwa. Kebanyakan dari orang-orang berpikir hanya perlu memeriksa mata untuk masalah pengheliatan, tetapi sesungguhnya setiap orang seharusnya melakukan pemeriksaan rutin.

Kondisi penyakit seperti Diabetes dapat di ketahui dari mata. Maka dari itu, penting mengetahui kondisi mata anda sedini mungkin. Berikut adalah beberapa gejala mata umum yang bisa mengungkapkan tentang kesehatan tubuh anda.

Mata yang merah

Ketika seorang ahli optik memeriksa mata anda, mereka melihat pembuluh darah kecil di retina mata anda, yang merupakan jaringan sensitif di belakang mata anda.

Tekanan darah tinggi dapat membuat pembuluh darah ini muncul dan membengkok atau bahkan dapat menyebabkan mereka melutus sehingga menyebabkan mata terlihat memerah. Seperempat orang dewasa tidak tahu jika tekanan darah tinggi bisa menyebabkan resiko terserang stroke.

Terdapat lapisan kuning di bagian belakang mata

Lapisan lemak kuning, atau air mata kecil di retina merupakan tanda-tanda diabetes tipe 2. Diagnosis dini ini kunci untuk menghindari jangka panjang terkena penyakit diabetes yang kadang-kadang fatal dan menyebabkan komplikasi.

Baca juga: Inilah Tanda Anda Terlalu Stres

Cincin di iris

Cincin putih di sekitar iris, bagian berwarna dari mata merupakan tanda kadar kolesterol tinggi. Petunjuk lain yaitu “Xanthelasma” yang berbentuk datar, timbunan lemak putih di bawah kulit pada atau di sekitar kelopak mata anda. Studi menunjukan orang dengan dua gejala ini memiliki resiko lebih tinggi terserang penyakit jantung.

Kelopak mata yang pucat

Jika di bagian dalam kelopak mata bawah anda terlihat pucat saat di tarik ke bawah, anda mungkin terkana anemia akibat kekurang zat besi, dimana zat besi sendiri dapat membantu membuat sel-sel darah merah. Anemia sendiri dapat di obati dengan seplemen zat besi, tetapi dapat menjadi tanda perdarahan internal, sehingga penting untuk segera pergi memeriksa kedokter.

Mata menonjol

Mata yang tampak menonjol mungkin bukti tiroid yang terlalu aktif. Tingkat normal hormon tiroid menyebabkan jaringan di sekitar mata membengkak, sehingga nampak seperti mata mencul keluar.

Kelopak mata layu

Kelopak mata yang layu dapat menunjukan tanda kelumpuhan, kelumpuhan wajah yang bersifat sementara. Hal ini juga bisa menjadi gejala stroke, terutama jika mata tidak di obati lebih lanjut.

Mata kuning

Kondisi hati, termasuk hepatitis dan sirosis, dapat mengubah putih mata anda menjadi warna kuning. Gejala semacam ini harus segara di periksakan kedokter secara langsung.

Saraf opitik pucat

Saraf optik, yang menstransmisikan informasi dari retina ke otak, terlihat dibagian belakang mata untuk seorang yang ahli optik. Sebuah saraf optik yang pucat bisa menjadi manifestasi awal bukti dari penyakit tumor otak. (fmz/bb)

Comments
Loading...