advertisement

Benarkah Berhubungan Seks Dapat Memicu Serangan Stroke?

berikut ini penjelasan mengapa bercinta dapat memicu serangan seks

judi

FENOMAGZ – Sebenarnya sangat tidak lazim jika seseorang mengalami stroke selama beraktivitas seksual. Pasalnya, sangat jarang stroke dipicu oleh pemicu langsung. Sebagian besar penyebab stroke adalah hasil akumulasi dari peningkatan masalah kesehatan jangka panjang. Misalnya merokok, tekanan darah tinggi, peningkatan kadar lemak dan kolesterol, diabetes yang tidak terkendali, kelainan pembekuan darah, dan penyakit jantung.

Baca juga: Seberapa Efektifkah Metode Intrauterine Device (IUD) Mencegah Kehamilan?

Namun, bukan berarti stroke saat seks mustahil terjadi. Masalahnya, sudah ada beberapa kasus yang mencatat kejadian stroke saat seks. Dalam laporan yang tercacat, stroke bisa menyerang saat berhubungan seks hingga dalam waktu dua jam setelah berhubungan seks. Kasus-kasus ini dilaporkan lebih banyak pada pasangan yang tidak terikat hubungan perkawinan.

Sayangnya, hingga saat ini belum dipastikan apakah faktor emosional atau psikologis terkait aktivitas seksual di luar nikah jadi pemicu stroke saat seks. Pasalnya, bisa juga kasus ini terjadi karena penyebab medis tertentu yang tidak diperhatikan.

Penelitian yang telah dipublikasikan dalam Journal of Stroke and Cerebrovascular Disease tahun 2015, mengevaluasi 290 pasien yang didiagnosis mengalami stroke. Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa hanya ada 5 pasien yang terserang stroke saat berhubungan seksual. Angka yang relatif rendah ini sama dengan hasil penelitian sebelumnya yang mencatat kejadian stroke yang dipicu oleh seks. (fmz/bb)

Comments
Loading...