Fenomagz
Unleash the Wild Side

Benarkah Kotoran Telinga Bisa Mendeteksi Kesehatan Seseorang?

0

Selain urine dan feses, kotoran telinga juga bisa memberitahu kondisi kesehatan seseorang

 

FENOMAGZ – Warna dan konsistensi dari air kencing, kotoran, air liur, dan lendir bisa memberitahu kondisi kesehatan seseorang. Namun, tahukah Fenomen bahwa kotoran telinga juga sering dikaitkan dengan masalah kesehatan?

“Sejujurnya, kotoran telinga tidak banyak jadi perhatian dalam praktik yang kami lakukan. Namun, orang-orang kelihatannya banyak yang khawatir mengenai hal ini, dan mereka bertanya jika (kotoran telinganya) terlalu sedikit atau terlalu banyak, atau pun yang berhubungan dengan warnanya,” ujar seorang otolaryngology (dokter telinga, hidung, dan tenggorokan) di University of Kentucky, Brett Comer, MD.

membersihkan telinga

Untuk mengetahuinya, berikut adalah enam masalah kesehatan jika dilihat dari kotoran telinga, seperti yang dilansir dari Womenshealthmag, Sabtu (25/2/2017).

  1. Jika berair dan berwarna kehijauan

Brett mengatakan bahwa kotoran telinga berwarna kehijauan dan berair menandakan adanya infeksi telinga yang sedang diderita seseorang. Segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter karena kondisi tersebut dapat mempengaruhi kemampuan mendengar Anda.

  1. Jika lengket atau kering

Hal ini menunjukkan asal keturunan seseorang. Penelitian menemukan bahwa kebanyakan orang Asia cenderung memiliki kotoran telinga yang kering. Sementara orang-orang keturunan Afrika atau Eropa cenderung memiliki kotoran telinga yang lengket atau basah. Para penulis studi meyakini perbedaan ini adalah adaptasi genetik nenek moyang terhadap iklim saat berevolusi.

  1. Jika baunya sangat menyengat

Jika kotoran telinga Anda berbau menyengat, mungkin Anda memiliki infeksi atau kerusakan di bagian tengah telinga. Selain bau, gejala lain dari infeksi telinga adalah kuping terasa berdengung atau penuh seperti kemasukan air.

Baca juga:   Manfaat Masak Menggunakan Panci Tanah Liat
  1. Kotoran cair dan merembes keluar dari telinga

Jika kotoran telinga Anda bertekstur cair dan mudah merembes keluar telinga, hal ini menandakan bahwa Anda mengalami pertumbuhan kulit yang tidak normal di bagian dalam telinga atau disebut kolesteatoma, sehingga membuat kotoran telinga terdesak keluar dan terpapar suhu tinggi sehingga mencair dan mudah keluar telinga. Biasanya kondisi ini disertai dengan rasa sakit pada telinga.

  1. Jika kotoran telinga mengeras

Jika Anda mengalaminya, ada kemungkinan kecil bahwa Anda memiliki kondisi langka dan tidak begitu dipahami, bernama keratitis obturans.

“Alih-alih keluar sendiri secara bertahap, kotoran malah menumpuk di dalam telinga, hingga Anda sulit mengeluarkannya. Selain itu, Anda juga bisa mengalami gejala seperti sakit telinga atau merasa ‘penuh’, ” katanya.

  1. Jika mengandung serpihan-serpihan

Jika Anda berada di usia pertengahan dan kotoran telinga terasa kering bahkan seperti serpihan-serpihan, hal ini merupakan kondisi wajar. “Seiring bertambahnya usia, kotoran telinga cenderung mengandung lebih banyak serpihan. Jangan takut, karena kelenjar pada umumnya akan menjadi kering seiring bertambahnya usia,” jelasnya. (fmz/pm)

Comments
Loading...