Fenomagz
Unleash the Wild Side

Benarkah Mengupil Terlalu Sering Bisa Mengakibatkan Kematian?

0

Mengupil terlalu sering ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan dan tubuh seseorang

 

FENOMAGZ – Setiap orang pasti pernah mengupil. Mengupil sendiri termasuk kegiatan yang sangat mengasyikan sehingga banyak orang melakukannya tanpa sadar di tempat umum. Namun, ada pula yang menyebut “ngupil” adalah perilaku manusia yang dinilai negatif dan jorok.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim peneliti dari Wisconsin dengan melibatkan 200 partisipan, diketahui bahwa rata-rata seseorang mengupil sebanyak 4 kali sehari yang dilakukan saat sedang senggang atau santai.

Sayangnya, mengupil terlalu sering ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan dan tubuh seseorang, bahkan bisa menyebabkan efek kematian. Benarkah mengupil terlalu sering berbahaya? Berikut enam dampak negatif mengupil seperti dilansir Livestrong, Rabu (15/2/2017).

bahaya mengupil

  1. Mudah terkena flu

Virus flu bisa melewati selaput lendir yang salah satunya terdapat di dalam hidung. Memasukkan jari-jari yang telah terkontaminasi virus ini ke dalam hidung bisa menyebabkan seseorang terkena flu yang disebabkan oleh diri sendiri. Dalam beberapa hari ke depan, seseorang bisa saja mengalami flu, tenggorokan gatal dan serangan bersin-bersin.

  1. Mimisan

Terlalu sering mengupil atau mengupil dengan keras bisa  menyebabkan kerusakan pada lapisan di hidung yang berfungsi melindungi tubuh dari bakteri dan benda-benda asing di udara, sehingga memicu terjadinya mimisan.

  1. Infeksi

Hidung bisa kemasukan kuman-kuman dari jari yang dimasukkan saat ngupil sehingga mengakibatkan infeksi kulit pada rongga hidung bernama vestibulitis. Folikel rambut di dalam hidung juga bisa terkena infeksi hingga muncul sejenis jerawat mini yang disebut folliculitis.

Infeksi dalam hidung akibat mengupil juga berisiko menyebar ke otak karena adanya pembuluh darah dari hidung yang langsung terhubung ke otak, meski kasus ini terbilang jarang.

Baca juga:   Ini Kebiasaan yang Tidak Di Sukai Wanita
  1. Merontokkan rambut hidung

Mengupil secara konsisten dan terus menerus akan menyebabkan rambut hidung rontok. Padahal, rambut hidung memiliki fungsi penting untuk menyaring debu dan polutan di udara. Tanpa rambut hidung akan membuka jalan bagi semua jenis penyakit dan infeksi masuk ke dalam tubuh.

  1. Bisa meninggal

Kondisi ekstrim ini hanya terjadi ketika Anda memaksakan untuk mengeluarkan kotoran hidung yang besar dan keras. Padahal, di dalam rongga hidung terdapat tulang ethmoid atau tulang yang memisahkan hidung dengan otak.

Jika Anda memaksakan diri untuk mengeluarkan kotoran yang besar dan keras tadi lalu tak sengaja menusuk tulang tersebut, bisa jadi cairan di otak bisa bocor. Gawatnya, kebocoran cairan otak itu akan menyebabkan meningitis atau radang selaput otak. Hati-hati ya Fenomen jika mengupil! (fmz/pm)

Comments
Loading...