Benarkah Suplemen Maca Root Membuat Pria Lebih Tahan Lama Saat Bercinta?

berikut ini penjelasan berdasarkah hasil penelitian yang telah dilakukan

FENOMAGZ – Suplemen maca root atau akar maca populer digunakan sebagai obat kuat herbal untuk pria. Bahkan, akar maca telah lama digunakan sejak dua ribu tahun lalu oleh pria-pria suku Inca kuno menambah gairah seksualnya. Benarkah suplemen maca root adalah cara tahan lama yang terbukti efektif? Ini kata para dokter.

Baca juga: Haruskah Memberi Tahu Pasangan Jika Mengidap Penyakit Kelamin?

Klaim pasaran yang menyatakan bahwa suplemen maca root bisa bikin pria tahan lama di ranjang sudah didukung oleh sejumlah penelitian. Sebuah studi tinjauan dari tahun 2010 yang mengolah data dari empat penelitian acak dengan total 131 peserta menemukan bukti bahwa akar maca benar efektif meningkatkan gairah seks pria setelah dikonsumsi selama minimal enam minggu.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa akar maca dapat meningkatkan performa seks dan kesuburan tikus jantan setelah 15 hari. Kemudian, penelitian dilanjutkan dengan memberi suplemen maca root pada 25 pria yang memiliki masalah impotensi ringan untuk dibandingkan dengan 25 pria berkondisi sama yang mengonsumsi pil plasebo alias pil kosong. Setelah 12 minggu, pria yang mengonsumsi ekstrak akar maca mengalami peningkatan performa seksual yang lebih dramatis.

Ada juga beberapa bukti kecil yang melaporkan bahwa akar maca membantu meningkatkan kesuburan pria dengan cara meningkatkan produksi jumlah sperma dan meningkatkan kualitasnya. Beberapa penelitian kecil juga menemukan bahwa maca root membantu meningkatkan energi dan stamina tubuh.

Akan tetapi, para ahli kesehatan masih skeptis dengan kesimpulan-kesimpulan ini. Masih diperlukan bukti ilmiah yang lebih banyak dan dalam skala besar untuk mendukung teori efektivitas suplemen maca untuk vitalitas pria. (fmz/bb)

Comments
Loading...