Fenomagz
Unleash the Wild Side

Beragam Fakta Menarik Tentang Sperma

0

Sperma Banyak Memiliki Fakta Unik dan Menarik

 

FENOMAGZ – Saat seorang pria ejakulasi, akan keluar cairan agak kental dari penisnya. Jika bertemu sel telur, sperma bisa membuahi sehingga terjadi kehamilan. Di balik kemampuannya itu, sperma punya sederet fakta menarik yang perlu disimak. Apa sajakah itu?

  1. Jumlah Sperma Dalam Sekali Ejakulasi

Berapa jumlah sperma dalam sekali ejakulasi? Jumlah cairan sperma yang normal setiap ejakulasi sekitar 1,5 hingga 5 ml dan mengandung 20 juta hingga 100 juta sel jantan (spermatozoa). Kondisi jumlah sperma sedikit saat ejakulasi disebut juga dengan oligospermia atau oligozoospermia. Ini terjadi apabila jumlah sperma pria kurang dari 20 juta/ml dan kondisi ini ditengarai bisa menjadi faktor risiko utama infertilitas atau impotensi. dr Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG, Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi di RS Puri Indah menyebutkan jumlah sperma minimal untuk pria subur adalah 40 juta sperma, di mana 75 persennya harus hidup.

  1. Ukuran Sel Sperma

dr Andri Wanananda, MS, menuturkan ukuran sperma setiap pria bisa saja berbeda. Faktor yang mempengaruhi perbedaan tersebut antara lain usia, kebugaran jasmani si pria, dan risiko penyakit kronis. Namun umumnya dari kepala ke ekor, sel sperma manusia adalah sekitar 50 mikrometer (0,05 milimeter, atau kira-kira 0,002 inci). Saking kecilnya, diperlukan mikroskop untuk melihat sel sperma.

  1. Kecepatan Sperma Berenang

Sel sperma yang sangat kecil itu berenang sekitar 0,2 meter per jam. Kecepatan sperma berenang ditentukan oleh gerakan ekornya. Sementara itu, gerakan ekor dipengaruhi oleh keasaman dalam tubuh. Semakin rendah suasana asam dalam tubuh maka sperma akan bergerak lebih cepat. Diyakini, kandungan yang menyebabkan sperma mampu bergerak lebih cepat adalah karetenoid yang di dalam tubuh akan diubah menjadi berbagai jenis antioksidan. Di antaranya adalah beta-karoten, yang di dalam tubuh diubah lagi menjadi vitamin A.

Baca juga:   Tips Jaga Berat Badan Dengan Mengkonsumsi Makanan ini
  1. Perjalanan Mencapai Pembuahan

Para ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology menyebut sel sperma sangat pandai berenang melawan arus demi mencapai target mereka, yaitu sel telur. Sel sperma ini berenang secara spiral bersama-sama dan mencari arus yang agak lambat. Studi laboratorium menjelaskan bahwa cara berenang ini memang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan.

Untuk mencapai dan menembus sel telur, sperma harus bergerak, menggeliat dan berenang melalui leher rahim perempuan, rahim dan saluran tuba. Hal inilah yang dikenal sebagai motilitas. Pria dikatakan subur jika lebih dari 40 persen dari spermanya bergerak.

Tak hanya harus menempuh jarak yang jauh dan mencari arah yang benar menuju sel telur, sel-sel sperma ini juga kerap ‘berjuang’ melawan berbagai bahan kimia yang berbeda dan arus di sepanjang jalan.

  1. Penemu Sel Sperma

Antonie van Leeuwenhoek (1632-1723) adalah ilmuwan Belanda yang disebut mengamati sel sperma pertama kali, yakni pada 1677. Kala itu spermanya sendirilah yang diamati. Van Leeuwenhoek juga merupakan orang pertama yang mengamati bakteri, serat otot, dan aliran sel darah melalui kapiler. Karena itulah dia dijukuki sebagai Bapak Mikrobiologi. (fmz/pm)

Comments
Loading...