Fenomagz
Unleash the Wild Side

Berdiri Kelamaan Ternyata Bahaya Buat Jantung

berikut ini penjelasan mengapa berdiri kelamaan ternyata berbahaya bagi jantung

0

FENOMAGZ – Jangan hanta karena kita tahu bahwa duduk terlalu lama akan berbahaya, Anda jadi lebih memilih berdiri lama di bandingkan duduk. Faktanya, menurut sebuah penelitian terbaru, berdiri lama dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit jantung. Bagaimana bisa? Berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Mengenal Priapismus, Gangguan Ereksi Yang Berkepanjangan

Berdiri lama bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, Anda mungkin sering mendengar kalau terlalu banyak duduk tidak baik, terutama untuk tulang belakang yang berakibat pada kenaikan berat badan hingga penuaan delapan tahun lebih cepat. Jadi, apakah solusinya dengan bekerja sambil berdiri lama sepanjang hari? Jawabannya tidak, menurut sebuah penelitian terbaru yang di publikasikan di American Journal of Epidemiology.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti yang menganalisis sebuah survei yang melibatkan 7.320 orang yang bekerja 15 jam dalam seminggu, dan menganalisa pekerjaan mereka untuk melihat berapa lama duduk, berdiri, dan berjalan. Mereka menemukan bahwa responden yang berdiri lama selama sedang bekerja misalnya teller di bank, petugas kasir, petugas keamanan, barista, dan koki dua kali lebih berisiko untuk mengalami penyakit jantung di banding yang sering duduk.

Alasan peningkatan risiko penyakit jantung karena berdiri lama sangat sederhana. Menurut peter smith, Ph.D,  pemimpin penelitian tersebut sekaligus peneliti di institute for Work and Health in Canada, saat Anda berdiri untuk jangka waktu cukup lama, darah cenderung berkumpul di kaki, sehingga memberikan beban sirkulasi yang lebih berat bagi jantung. Hal ini yang akhirnya menyebabkan risiko penyakit jantung. (fmz/bb)

Baca juga:   Sering Ejakulasi Selama Sebulan Dapat Mencegah Kanker Prostat
Comments
Loading...