advertisement

Bisakah Virus HIV Menular Melalui Media Kain? Ini Penjelasannya!

ini dia penjelasan menurut salah seorang profesor yang berasal dari chicago

judi

FENOMAGZ – Seperti yang dijelaskan di atas, cairan tubuh ODHA harus berhasil masuk ke dalam tubuh Anda, terutama melalui perantara cairan tubuh yang sudah disebutkan, barulah terdapat risiko penularan. HIV tidak bisa disebarkan melalui beberapa hal, yaitu:

Baca juga: Cara Membahagiakan Pasangan Saat Berhubungan Seks Meski Punya Mr.P Kecil
  • Sentuhan, berjabat tangan, pelukan, bahkan ciuman dengan orang yang positif HIV selama penderita tidak memiliki luka terbuka di bagian mulut ataupun perdarahan pada mulut dan di kulit.
  • Air mata, air liur, dan keringat yang tidak tercampur darah dari penderita HIV positif.
  • Gigitan nyamuk, kutu, dan juga serangga yang telah menggigit penderita HIV.
  • Tinggal serumah dengan penderita HIV, tidur dalam satu seranjang, berbagi toilet, saling meminjamkan pakaian dan handuk, dan berbagi alat makan dengan penderita ODHA.
  • Dan yang terakhir Berenang bersama ODHA.

jadi penularan HIV biasanya melalui kain memiliki kemungkinan yang cukup kecil. karena, HIV hanya dapat ditularkan melalui cairan tubuh tertentu seperti yang telah disampaikan di atas.

Menurut salah seorang profesor dari Chicago, Amerika Serikat mengatakan bahwa seks anal berisiko tinggi untuk menularkan HIV karena memungkinkan terjadinya iritasi pada selaput lendir. meskipun memiliki risiko yang lebih rendah, HIV juga dapat menular melalui seks oral. Hal ini mungkin terjadi jika terdapat luka pada mulut, luka pada kelamin, serta perdarahan pada gusi.

virus HIV baru akan menular jika cairan dari tubuh penderita HIV bersentuhan dengan jaringan yang rusak, seperti luka pada kulit atau melalui darah yang tertinggal di jarum suntik.

Sedangkan kalau Anda menyentuh pakaian, handuk, atau selimut yang baru saja dikenakan ODHA yang tidak memiliki luka terbuka, Anda tidak akan tertular penyakit HIV. Karena, handuk atau kain tersebut tidak mengandung virus HIV. Sementara kalau kain tersebut kena darah atau cairan dari penderita ODHA, kemungkinan HIV menular sangatlah kecil. Bahkan, belum ada contoh kasus di mana HIV menular ke orang lain melalui kain. (fmz/bb)

Comments
Loading...