Fenomagz
Unleash the Wild Side

Cara Diet Sehat Untuk Penderita Asam Urat

0

Penderita asam urat bisa jalani diet sehat dengan konsumsi makanan ini

FENOMAGZ – Asam urat adalah zat asam yang berasal dari pemecahan nitrogen di dalam tubuh yang disebut dengan purin. Ketika kadar asam urat Anda tinggi, maka akan menetap di sendi. Jika terlalu banyak, asam urat akan menekan sendi yang dapat menyebabkan nyeri dan pegal.

Asam urat tidak hanya disimpan pada sendi Anda saja. Namun juga bisa di dalam ginjal. Kristal dari asam urat ini akan membentuk batu dalam ginjal Anda dan bagian kemih yang sering disebut dengan batu ginjal.

Salah satu penyebab asam urat tinggi adalah melakukan diet yang tidak sehat. Asupan makanan yang tinggi purin, sirup jagung fruktosa tinggi, dan gula pasir dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat.

Berikut adalah jenis diet makanan yang sehat dan baik bagi penderita asam urat.

  1. Makanan tinggi serat

Menurut University of Maryland Medical Center, mengonsumsi makanan yang tinggi serat dapat membantu untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Ini karena serat dapat membantu menyerap asam urat dalam aliran darah, dan kemudian mengeluarkannya melalui ginjal. Namun bukan berarti anda harus mengonsumsi banyak makanan berserat, posisinya hanya lebih baik mengganti makanan tidak sehat sebelumnya dengan sayur dan buah yang umumnya tinggi serat.

  1. Minyak zaitun

Gunakan minyak zaitun cold pressed untuk memasak, menggantikan mentega atau minyak nabati. Minyak yang telah mengalami panas atau pengolahan akan berubah menjadi tengik dengan cepat. Minyak yang tengik dapat menghancurkan vitamin E dalam tubuh, dimana yang diperlukan tubuh untuk mengontrol kadar asam urat.

  1. Dosis sehat vitamin C

Untuk membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh, minumlah 500 miligram vitamin C secara teratur untuk menurunkan kadar asam urat dalam waktu satu atau dua bulan.

  1. Makanan yang kaya antioksidan

Buah-buahan dan sayuran seperti paprika merah, tomat, blueberry, apel, dan brokoli merupakan sumber yang kaya vitamin dan antioksidan. Antioksidan adalah vitamin yang yang akan mencegah molekul radikal bebas  menyerang organ dan jaringan sel, serta dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

  1. Pilih karbohidrat kompleks

Lebih banyak makan biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, daripada makan-makanan karbohidrat olahan seperti roti putih, kue dan permen. Karena makanan yang kaya karbohidrat kompleks akan membuat kenyang lebih lama, dan mencegah makan terlalu banyak guna menjaga berat badan yang sehat.

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel mentah bisa membantu meringankan kadar asam urat tinggi dengan mengubah nilai pH darah. Tapi cuka apel disini adalah yang masih mentah, belum disuling atau dipasteurisasi dan bisa didapatkan di toko makanan kesehatan.

  1. Minum Banyak Air

Minum banyak air untuk membantu menyiram asam urat dari tubuh Anda. Minum minimal 3 dan 1/2 liter air setiap hari. Air adalah media yang akan membantu ginjal untuk  mengeluarkan kotoran dari tubuh Anda. (fmz/pm)

Comments
Loading...