Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Cara Menggunakan Obat Tetes Mata yang Benar

Ada tahapan-tahapan tertentu yang harus anda lakukan agar pemberian obat tetes mata menjadi lebih efektif dan efisien

 

FENOMAGZ – Meneteskan obat mata ternyata tidak hanya sekedar meneteskan ke permukaan bola mata saja. Ada tahapan-tahapan tertentu yang harus anda lakukan agar pemberian obat tetes mata menjadi lebih efektif dan efisien.

Berikut beberapa langkah menggunakan obat tetes mata dengan baik dan benar, yuk mari kita simak bersama :

Cuci tangan

Sebelum anda meneteskan obat tetes mata, pastikan bahwa anda mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kontaminasi.

Lepas lensa kontak anda

Jika anda menggunakan lensa kontak, lepaskanlah sebelum anda meneteskan obat, kecuali anda meteskan air mata buatan sebagai pelembap lensa kontak atau sesuai instruksi dari dokter spesialis mata.

Cek selalu kemasan obat tetes mata

Ambil dan buka tutup tetes mata dan perhatikan apakah ada cacat pada kemasan obat atau tidak. Harus anda ingat bahwa mulut tempat keluar obat adalah daerah steril sehingga jangan sampai bagian tersebut tersentuh oleh benda apapun, termasuk tangan anda yang sudah anda cuci tadi.

Berbaring atau mendongak

Anda dapat memilih posisi yang paling nyaman, apakah berbaring atau mendongak. Tapi pastikan untuk buka mata lebar-lebar dan arahkan pandangan mata ke atas.

Tarik kelopak mata bawah sebelum meneteskan obat tetes mata

Dengan menggunakan satu atau dua jari, tarik kelopak mata bawah sehingga membentuk sebuah kantong. Kantong tersebut akan menajdi tempat bagi anda untuk meneteskan obat mata. Dengan menggunakan tangan lain, pegang obat tetes mata dan posisikan ujung pipet tetes mata berjarak 2,5 cm dari mata anda.

Baca juga:   Cara Merawat Kulit Sensitif Dengan Bahan Alami

Pencet perlahan obat tetes mata agar dosis obat yang keluar tidak berlebihan. Hati-hati agar ujung pipet obat tidak menyentuh apapun karena dapat terkontaminasi kuman. (fmz/pz)

Comments
Loading...