Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips cara menghentikan kebiasaan merokok saat berpuasa

memilih menghisap sebatang rokok untuk membatalkan puasa dibandingkan mengkonsumsi makanan atau minuman ketika berbuka

0

 

FENOMAGZ – Ketergantungan nikotin ini menyebabkan beberapa perokok lebih memilih menghisap sebatang rokok untuk membatalkan puasa dibandingkan mengkonsumsi makanan atau minuman ketika berbuka. Hal ini tentunya akan membuat manfaat kesehatan dari puasa akan hilang hanya dengan mengisap sebatang rokok ketika berbuka puasa.

Diawali dengan niat

Niat adalah modal awal untuk berhenti merokok saat puasa. Itu sebabnya, penting untuk memperkuat niat dan mental anda sebelum memutuskan menghentikan kebiasaan merokok. Dengan begitu, anda akan lebih mudah menjalani setiap proses karena sudah memiliki komitmen dalam diri sendiri untuk berhenti merokok. Selain niat, tentukan juga tujuan anda berhenti merokok. Fungsinya, agar anda lebih termotivaasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Perlahan tapi konsisten

Sulit memang jika harus menghentikan kebiasaan merokok secara total. Meski begitu, bukan berarti anda tidak bisa untuk berhenti merokok. Jika pada hari di luar bulan ramadan anda bisa merokok kapan saja dan bisa menghabiskan sebungkus rokok atau bahkan lebih dalam sehari, maka selama bulan ramadan ini anda bisa mengurangi konsumsi rokok satu sampai dua batang saja per hari.

Tidak merokok setelah berbuka

Waktu yang paling rentan untuk merokok selama berpuasa adalah saat berbuka. Nah jika anda memang berniat untuk menghentikan kebiasaan merokok, saat tiba waktunya berbuka berikanlah tubuh untuk mendapatkan energi dan stamina setelah seharian berpuasa dengan makan dan minuman yang sehat, bukan dengan sebatang rokok. Jika setelah berbuka hasrat untuk merokok kembali muncul, segeralah mencari kesibukan lain yang mampu mengalihkan anda untuk merokok.

Baca juga:   Bosan Dengan Celana Denim? Coba Gaya Menggunakan Jeans Putih

Hindari segala hal yang membuat anda ingin merokok

Beberapa hal yang mungkin bisa jadi pemicu anda merokok adalah pengaruh kebiasaan minum seperti alkohol, soda, kopi, yang membuat aktivitas merokok jadi lebih nikmat. Terlebih lagi godaan setelah makan. (fmz/pz)

Comments
Loading...