Fenomagz
Unleash the Wild Side

Cara Termudah Agar Tubuh Tetap Berenergi saat Puasa

Tubuh yang kekurangan energy, akan terlihat lesu dan tidak bergairah. Efeknya, kinerja jadi menurun dan tidak produktif

0

 

FENOMAGZ – Saat puasa biasanya tubuh akan kehabisan energy karena kurangnya asupan makanan dan minuman. Tubuh yang kekurangan energy, akan terlihat lesu dan tidak bergairah. Efeknya, kinerja jadi menurun dan tidak produktif. Sebelum anda ditegur oleh atasan di kantor karena bermalas-malasan.

Kehabisan energi saat puasa pada tengah hari dan harus berjuang menyelesaikan pekerjaan? Atau anda mungkin hanya memerlukan sedikit energi tambahan untuk menyelesaikan pekerjaan yang memiliki tenggat waktu besok? Ada banyak cara mudah dan aman untuk meningkatkan energi saat puasa.

Berikut ada beberapa cara yang dapat memudahkan tubuh jadi tetap berenergi saat berpuasa, yuk mari kita simak bersama.

Pastikan asupan cairan anda

Penyebab utama anda kehabisan energi saat puasa adalah karena anda kekurangan cairan. Bahkan dehidrasi ringan pun dapat menghabiskan energi serta mengganggu kemampuan berpikir dan berlogika anda. Menjaga asupan cairan saat anda berpuasa sangat penting.

Konsumsi makanan yang menghasilkan energi

Kombinasi karbohidrat kompleks seperti sayuran hijau atau roti yang terbuat dari gandum dan protein seperti, ayam telur, tahu, keju, dapat memberikan energi tambahan. Mengapa karbohidrat dan protein penting? Karena tubuh dapat mengurangi karbohidrat dan kemudian diserap ke dalam aliran darah untuk menghasilkan energi. Sedangkan protein memperlambat proses tersebut sehingga kadar gula darah tetap stabil dan energi yang anda dapatkan bisa berlangsung lebih lama.

Perhatikan pola makan saat berbuka puasa dan sahur

Baca juga:   Tips Menghindari Kelebihan Bagasi Saat Ingin Travelling

Menjaga kada gula darah tetap normal serta mengkonsumsi vitamin dan nutrisi penting sangat diperlukan untuk menjaga tubuh tetap berenergi. Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam makanan seperti salmon, kale, dan kubis mampu menyediakan energi untuk aktivitas sel, meredakan inflamasi, serta meningkatkan kemampuan kognitif.

Pastikan anda mengkonsumsi kalori dalam jumlah yang cukup untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Usahakan untuk mendapatkan asupan vitamin dan gizi dengan menyantap makanan daripada mengkonsumsi suplemen. (fmz/pz)

Comments
Loading...