Clean Eating, Cara Makan yang Membuat Tubuh Jadi Sehat

Berikut cara melakukan clean eating

Judi

judi

FENOMAGZ – Seperti diet-diet lainnya, clean eating di rancang dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Diet clean eating pertama kali muncul ketika tahun 1960, namun mulai di perkenalkan secara luas pada tahun 2007 oleh Tosca Reno yang mengeluarkan buku berjudul “Eat Clean Diet”.

Pada dasarnya clean eating di sebut-sebut mampu menurunkan berat badan, meningkatkan penggunaan dan metabolisme energi, meningkatkan kualitas tidur, membuat kulit dan rambut lebih sehat, serta meningkatkan mental.

Berikut cara melakukan clean eating:

Mengkonsumsi makanan dari bahan yang segar

Clean eating berprinsip untuk mengkonsumsi makanan yang segar dan melalui proses pemasakan yang baik. Selain itu, prinsip utama dari clean eating yaitu tidak mengkonsumsi makanan kemasan, seperti kornet, ikan kalengan, sosis, nugget, bahkan kecap dan saus. Semua makanan yang berpengawet dan terdapat kandungan zat aditif di dalamnya harus di hindari.

Baca juga: 4 Selebrita Yang Memilih Jalani Operasi Kecilkan Payudara

Manfaat menghindari makanan olahan terbukti dalam suatu survei Food and Nutrision Research. Dalam penelitian ini di buktikan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan segar mengeluarkan kalori lebih banyak untuk mencerna makanan yang masuk, di bandingkan dengan orang yang mengkonsumsi makanan olahan.

Banyak mengkonsumsi serat

Anda tidak harus menjadi vegetarian jika ingin melakukan clean eating. Tapi salah satu prinsip yang di perkenalkan dalam clean eating adalah meningkatkan konsumsi serat dalam satu hari. Tentunya serat di dapatkan dari mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang segar.

Memilih karbohidrat kompleks sebagai sumber makanan pokok

Orang yang melakukan clean eating biasanya dianjurkan untuk mengkonsumsi 1200 hingga 1800 kalori. Jumlah kalori yang tergolong sedikit ini memang di tujukan untuk program menurunkan berat badan. Oleh karena itu, di sarankan untuk sering mengkonsumsi karbohidrat kompleks dan tinggi serat seperti roti gandum, nasi merah, nasi cokelat, dan sebagainya.

Membaca nilai gizi pada setiap makanan

Tugas Anda untuk mencari tahu informasi tentang makanan yang akan Anda berikan pada tubuh. Sebaiknya, jika makanan tersebut memiliki lebih dari satu zat aditif, maka jangan di konsumsi. Perhatikan juga kadar natrium dan gula yang ada dalam makanan tersebut.

Mengatur porsi dan jam makan

Kunci menurunkan berat badan tidak hanya pemilihan makanannya saja, namun juga porsi yang di makan dan waktu makan yang teratur. Porsi yang dianjurkan dalam melakukan clean eating yaitu membagi waktu dan porsi makan sebanyak 6 kali porsi kecil dalam satu hari.

Minum air mineral yang cukup

Dalam sehari, dianjurkan untuk minum air mineral sebanyak 2 hingga 3 liter atau setara dengan 13 sampai 8 gelas per hari. Selain akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik, mengkonsumsi air minum dan menghindari minuman yang berkalori membuat Anda lebih mudah menurunkan berat badan. (fmz/bb)

Comments
Loading...