Fenomagz
Unleash the Wild Side

Dianggap Cukup Bersih, Tempat Ini Justru Bisa Jadi Sarang Bakteri

0

 Nyatanya, tempat-tempat yang kerap Anda anggap bebas dari bakteri malah justru berpotensi besar jadi sarang bakteri

 

FENOMAGZ – Sarang bakteri tidak melulu berupa tempat-tempat yang cenderung kotor dan menjijikkan. Dalam keseharian pun, ada tempat-tempat yang kerap dianggap sudah bebas dari bakteri, namun nyatanya berpotensi besar jadi sarang bakteri.

Menurut pakar pakar mikrobioloi dari University of Arizona, Charles Gerba, PhD., bakteri fecal, norovirus, dan Methicillin Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA) adalah beberapa jenis bakteri yang bisa bertahan hidup di permukaan yang keras. Dan ketika kulit Anda terpapar area tersebut, maka risiko infeksi bisa meningkat.

Dikutip dari Women’s Health, ada beberapa tempat yang kerap dianggap sudah aman dari kuman tapi justru berpotensi besar menjadi sarang kuman. Dimana saja?

  1. Kamar mandi pesawat

toilet pesawat

“Toilet di pesawat adalah salah satu tempat terbaik bagi kuman dan bakteri tumbuh subur. Gerba mengungkapkan sebanyak 75 orang atau lebih menggunakan toilet tunggal di pesawat sebelum dibersihkan dan tidak banyak orang yang mencuci tangan mereka dengan efektif.

Penelitian Gerba sebelumnya menemukan bahwa di hampir seluruh kamar mandi pesawat yang diamati, mengandung E.coli.

  1. Ruang ganti gym

gym changing room

Gerba mengatakan, MRSA, Staphylococcus, norovirus, dan jamur penyebab penyakit kulit dapat ditemukan di ruang ganti gym. Sebab, ruang ganti gym cenderung hangat dan lembab sehingga menjadi tempat sempurna bagi bakteri berkembang biak. Untuk itu, Gerba menyarankan Anda untuk selalu menggunakan alas kaki saat di ruang ganti untuk meminimalisir paparan kuman dan bakteri.

Baca juga:   Yuk Cobain Kegiatan Seru ini Selama Musim Panas!
  1. Taman bermain

taman bermain

Menurut Gerba, pastinya Anda jarang melihat taman bermain yang dibersihkan. Ditambah dengan adanya kotoran dan air kencing hewan, taman bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman. Belum lagi ketika banyak pengunjung suatu taman, penularan penyakit seperti influenza atau pilek lebih mudah terjadi.

  1. Pantai

pantai

Sampah, limbah, dan kotoran burung membuat pasir pantai menjadi tempat potensial bagi kuman dan bakteri berkumpul lalu berkembang biak. Sebuah studi menemukan bahwa kondisi air laut di lingkungan seperti itu lebih kotor dari air yang ada di sekitarnya dan dapat memicu diare, infeksi, dan ruam kulit.

“Jangan lupa pula ancaman kutu pantai yang bisa menularkan penyakit seperti penyakit Lyme,” ujar Gerba. (FMZ/PM)

Comments
Loading...