Fenomagz
Unleash the Wild Side

Dampak dan Bahayanya Alkohol Bagi Kesehatan

0

Minum alkohol dapat mempengaruhi jantung dengan cara yang baik dan buruk

 

FENOMAGZ – Minuman beralkohol bukanlah konsumsi umum masyarakat di Indonesia. Namun bagi kalangan yang ingin mendapatkan manfaat alkohol, penting untuk mengetahui takaran konsumsi yang tepat demi menghindari efek buruknya.

Minum alkohol dapat mempengaruhi jantung dengan cara yang baik dan buruk. Di satu sisi, penelitian menunjukkan bahwa minum moderat hingga dua gelas sehari untuk pria dan satu minuman untuk wanita dapat menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung. Di sisi lain, minum berat baik sekaligus atau dari waktu ke waktu dapat merusak hati. Penggunaan alkohol jangka panjang juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah secukupnya dapat menurunkan risiko tersumbatnya aliran darah pada saluran arteri dari peradangan, sejumlah asam lain dalam darah, dan pembekuan darah.

Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap alkohol. Hal ini bisa dipengaruhi oleh tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, dan beberapa faktor lain. Bahkan apa yang Anda makan atau berapa banyak waktu tidur yang Anda punya hari itu bisa memberikan perbedaan reaksi terhadap tubuh Anda.

Hasil yang diperoleh tidak begitu baik. Pada pria, jantung mereka bekerja lebih keras dibandingkan pada jantung non-peminum. Sementara pada wanita, perubahan ini muncul saat mereka mulai meminum sekitar satu gelas dalam sehari. Yang jelas, lebih dari dua gelas perhari merupakan titik batasan untuk pria, dan untuk wanita, mungkin lebih rendah dari itu.

Ketika minum alkohol, tubuh akan menyerapnya ke dalam aliran darah dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh. Bahkan, dalam takaran kecil pun, ia akan mempengaruhi setiap bagian dari tubuh. Alkohol akan keluar dari tubuh melalui urin dan napas dalam jumlah yang kecil. Ia juga dapat menyebabkan perubahan fisik dan emosional yang dapat merusak tubuh dan menempatkannya dalam bahaya serius.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi mabuk alkohol, yaitu:

Madu
Madu mengandung senyawa fruktosa yang berguna untuk memecah unsur racun alkohol yang masuk ke tubuh. Saat orang mabuk berat di malam hari, dianjurkan pada pagi harinya makan roti yang ditambahkan madu karena bisa jadi sumber kalium dan natrium yang juga mengatasi tubuh untuk melawan alkohol.

Susu
Minum segelas susu sebelum minum alkohol akan memperlambat penyerapan alkohol oleh tubuh.

Zink dan Vitamin B
Enzim di dalam hati bisa mengubah alkohol menjadi asetaldehida, yaitu zat yang menyebabkan wajah memerah, sakit kepala, dan mual yang merupakan efek dari mabuk. Untuk mendetoksifikasi alkohol ini, enzim hati memerlukan mineral zink (seng) dan vitamin B terutama B1.

Minum air putih
Dehidrasi merupakan salah satu efek samping utama dari mabuk. Karenanya jika seseorang habis minum, maka setelah sampai di rumah segeralah minum 500 ml air kelapa atau air putih. Cairan ini akan membantu menghidrasi tubuh serta meningkatkan jumlah elektrolit dan kadar glukosa dalam darah.

Jus jeruk atau tomat
Jus buah segar dapat mengatasi kondisi mabuk. Seperti air, jus buah ini membantu membuang racun serta memasok kadar air dalam tubuh. Minumlah jus buah karena kandungan gula pada buah-buahan (fruktosa) secara cepat terserap ke aliran darah sehingga akan mendongkrak energi dalam jumlah besar. Sejumlah studi menunjukkan fruktosa juga ambil bagian dalam mempercepat eliminasi racun-racun dari dalam tubuh, termasuk yang terdapat pada alkohol. Jus tomat dan jeruk diyakini paling baik, karena juga kaya nutrien seperti vitamin C.(fmz/pz)

Baca juga:   Sejumlah Fakta Tentang Kuning Telur Yang Harus Fenomen Ketahui
Comments
Loading...