Dampak Buruk Jika Sering Minum Air Es

air es memiliki efek samping kesehatan yang padat merugikan bagi kesehatan

 

FENOMAGZ – Di tenagh cuaca yang panas membuat banyak orang ingin minum air es untuk melepas dahaga. Tidak sedikit anggapan bahwa terlalu banyak minum air es atau air dingin bisa membuat sakit tenggorokkan. Air es hanya memeberi bantuan sementara. Namun air es memiliki efek samping kesehatan yang padat merugikan bagi kesehatan, yuk mari kita simak bersama berikut ini :

Mengganggu pencernaan

Minum air es atau air dingin dapat menghambat proses pencernaan karena membuat pembuluh darah mentusut. Air dingin dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga nutrisi makanan tidak dapat dicerna dengan benar.

Merampas nutrisi

Suhu tubuh normal setidaknya mencapai 37 derajat Celsius. Ketika anda minum air dingin, tubuh perlu mengeluarkan energy untuk mengurangi suhunya. Energy yang dihabiskan ini digunakan untuk mengatur suhu. Padahal tubuh memerlukan energy untuk mencerna dan menyerap butrisi makanan.

Sakit tenggorokan

Minum air dingin dapat menyebabkan penumpukan mukosapernapasan, yaitu lapisan pelindung saluran pernapasan. Saat lapisan ini menjadi padat, saluran pernapasan yang terpapar dan rentan terhadap berbagai infeksi, sehingga tenggorokan berubah menjadi sangat sakit.

Menurunkan detak jantung

Minum air es atau air dingin dapat menurunkan detak jantung. Studi ini menunjukkan, minum air es merangsang saraf vagus dann saraf kranial ke 10 yang merupakan bagian penting dari system saraf otot yang mengendalikan aktivitas tubuh. (fmz/pz)

Comments
Loading...