advertisement

Donovanosis: Penyakit Menular Seksual yang Bisa Membuat Kulit Kelamin Menjadi Busuk

ini dia penjelasan mengenai penyakit menular seksual Donovanosis

judi

Penyakit Donovanosis termasuk penyakit langka namun berbahaya karena dapat merusak jaringan alat kelamin (genital)

FENOMAGZ – Penyakit menular seksual (PMS) bernama donovanosis dialami oleh seorang wanita yang berasal dari Southport, Inggris. Penyakit tersebut termasuk penyakit langka yang dapat merusak jaringan alat kelamin (genital).

Baca juga: Bercinta Saat Pagi Hari Lebih Seru Dibandingkan Malam Hari, Ini Alasannya!

Wanita yang tak disebut namanya ini mengalami donovanosis selama setahun terakhir. wanita itu berusia antara 15 dan 25 tahun.

Donovanosis disebabkan bakteri, yang disebut Klebsiella granulomatis, menurut National Institutes of Health (NIH). Penyakit ini jarang terlihat di Amerika Serikat. Hanya sekitar 100 kasus yang dilaporkan per tahun.

serupa dengan Amerika Serikat, donovanosis juga jarang terjadi di Inggris.

Penyakit menular seksual donovanosis umum terjadi di beberapa daerah tropis, termasuk India, Papua Nugini, Karibia, Australia Tengah, dan Afrika bagian selatan, laporan Centers for Disease Control and Prevention.

Berdasarkan data SA Health, sistem kesehatan masyarakat di Australia Selatan, donovanosis ditandai dengan munculnya luka kecil yang tidak nyeri berupa bisul pada alat kelamin. Bisul perlahan-lahan bertambah besar dan berubah menjadi benjolan merah yang mudah berdarah.

Ketika penyakit menyebar, hal itu dapat menghancurkan jaringan genital dan menyebabkan kulit di sekitar area kelamin kehilangan warna.

“Infeksi menyebabkan lesi (jaringan abnormal) dan kehancuran kulit yang membuat kulit membusuk,” jelas apoteker Chemist 4 U, Shamir Patel.

Pada tahap akhir, gejala dapat terlihat, seperti kanker genital lanjut. Donovanosis menyebar melalui hubungan seksual. Dalam kasus yang sangat jarang terjadi juga dapat menyebar melalui seks oral.

NIH mencatat, gejala dapat muncul antara satu dan 12 minggu setelah terpapar bakteri. (fmz/bb)

Comments
Loading...