Fenomagz
Unleash the Wild Side

Efek Buruk Sering Mengunyah Es Batu

0

Sering makan es batu banyak memberikan efek negatif pada tubuh

 

FENOMAGZ – Memakan es batu mungkin sudah jadi kebiasaan bagi sebagian orang. Bagi sebagian orang, menggigit es batu pasti akan terasa ngilu. Namun bagi sebagian yang lain, menggigit -bahkan mengunyah  es batu justru terasa mengasyikkan. Ketika minuman di dalam gelas sudah tandas, orang ini lantas dengan asyik mengunyah es batu yang tersisa.

Namun sebenarnya, adakah efek buruk sering makan es batu?

  1. Bikin gigi rusak

Kebiasaan mengunyah es batu bisa membuat gigi jadi rusak. Alasannya adalah es batu yang keras dapat mengikis enamel atau lapisan luar gigi sehingga bisa menyebabkan masalah terutama yang memiliki gigi sensitif. Es batu yang dingin juga dapat menyebabkan permasalahan gigi lainnya, seperti gigi terasa ngilu, nyeri, dan rapuh pada gigi yang dapat menyiksa.

  1. Mengganggu metabolisme tubuh

Makan es batu setiap hari dapat mengganggu metabolisme tubuh dan menghambat pembakaran lemak dalam tubuh. Mengkonsumsi es secara berlebih dapat membekukan lemah yang ada dalam aliran darah. Akibatnya, aliran darah terganggu, proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh juga terganggu.

  1. Mual dan diare

Makan es batu bisa berakibat dehidrasi dan mual karena ketika mengunyah es batu, kita bisa lupa waktu. Selain itu kandungan es batu yang Anda kunyah belum tentu benar-benar sehat. Beberapa es batu yang bebas dijual di pasaran kebanyakan terbuat dari air mentah dan bisa mengandung bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bakteri tersebut antara lain seperti bakteri Ecoli yang bisa menyebabkan diare.

Baca juga:   Fenomen Wajib Tahu ini, Mengapa Wanita Sulit Bergairah
  1. Kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi atau defisiensi besi adalah hal yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan makan es batu. Nantinya, tubuh yang kekurangan zat besi akan mempengaruhi pola makan kita

  1. Tubuh Kekurangan Nutrisi

Hal tak terduga jika Anda sering makan es batu bukan hanya terjadi pada gigi tapi juga berdampak untuk tubuh Anda. Sering makan es batu bisa menurunkan nafsu makan. Jika hal ini dijadikan kebiasaan terus-menerus, Anda bisa menyebabkan kekurangan gizi dan nutrisi.

  1. Dapat membuat perut buncit

Mengkonsumsi es batu terutama setelah makan dapat membuat usus dalam perut menyempit. Menyempitnya usus tersebut dapat menghambat kinerjanya dalam mencerna makanan yang masuk, akibatnya perut menjadi buncit. (fmz/pm)

Comments
Loading...