Fakta Seputar Penyakit Menular Seksual Yang Harus Kamu Ketahui

Tidak menggunakan kondom saat bercinta bisa membuka peluang terjadinya penularan penyakit menular seksual

Fakta Seputar Penyakit Menular Seksual Yang Harus Kamu Ketahui

FENOMAGZ – Fenomen tentunya tahu bukan bahwa perilaku seks beresiko seperti berganti-ganti pasangan, tidak menggunakan kondom saat berhubungan seks bisa membuka peluang terjadinya penularan penyakit menular seksual?

Di Amerika, hampir 20 juta orang mengidap penyakit menular seksual (PMS) setiap tahunnya dan hampir setengahnya merupakan kalangan anak muda berusia 15 hingga 24 tahun. Sedangkan yang berusia 25 hingga 30 tahun tertular penyakit seksual melalui aktivitas seks berganti-ganti pasangan meskipun ada kecurigaan lain yaitu penggunaan jarum suntik untuk mentato atau menindik tubuh.

Sayangnya, tak banyak orang yang menderira PMS menyadari gejala dan resiko pada kesehariannya. Untuk itu, penting bagi seseorang untuk menekankan pentingnya kesadaran akan bahaya PMS.

Berikut adalah beberapa fakta yang kurang menyenangkan seputar PMS yang mungkin belum Anda ketahui.

  1. Klamidia adalah jenis PMS yang umum terjadi di Amerika

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa sebenarnya ia terkena klamidia, karena penyakit ini muncul tanpa gejala. Penyakit menular seksual klamidia akan menginfeksi penis, vagina, leher rahim, uretra bahkan mata.

Tingkat infeksi tertinggi dialami oleh anak berusia 15 sampai 19 tahun. Penyakit ini bisa ditularkan melalui vagina, anal dan oral seks. Baik dengan seseorang yang memiliki klamidia atau bahkan jika berhubungan dengan seorang pria yang mengidap klamidia namun tidak ejakulasi.

  1. PMS bisa menular lewat oral seks

PMS juga sangat bisa menular lewat aktivitas seksual, termasuk oral seks. Terlalu sering melakukan oral seks akan berisiko tinggi terkena penyakit gonore, sifilis, herpes dan hepatitis B. Hal ini bisa terjadi bahkan jika Anda hanya memiliki satu pasangan seksual. Untuk mecegah agar tidak tertular PMS, Anda bisa menggunakan kondom dan tidak melakukan seks berisiko tinggi bisa.

  1. PMS bisa ditularkan melalui mata

PMS tidak selalu menyoroti organ seksual dari sistem reproduksi. Virus PMS juga bisa mempengaruhi mata. Klamidia dan gonore berpotensi menginfeksi jaringan mata Anda jika terkena cairan dari mata penderita PMS. Penularan juga bisa didapatkan dari tenggorokan, mulut dan anus.

  1. PMS bisa menular lewat proses menato atau body piercing

PMS juga bisa ditularkan lewat proses mentato dan tindik badan jika jarumnya tidak disterilkan dengan baik. Jika hal ini terjadi tentu meningkatkan risiko terkontaminasi dengan darah orang lain. Sebelum mentato, ada baiknya Anda memperhatikan risiko yang akan terjadi setelahnya.

  1. Tidak semua PMS bisa diobati

Fenomen, tahukah Anda bahwa tidak semua PMS bisa sembuhkan? PMS yang diperoleh dari bakteri seperti klamidia, gonore dan sifilis memang bisa disembuhkan dengan antibiotik. PMS yang lebih kompleks seperti herpes, hepatitis B, HIV dan kutil kelamin adalah jenis yang tidak bisa disembuhka, namun jika dirawat dengan pengobatan yang tepat pastinya bisa memberikan efek yang baik. (fmz/pm)

Comments
Loading...