Fenomagz
Unleash the Wild Side

5 Fakta Tentang Tidur Siang Yang Penting Diketahui (2)

Minum secangkir kopi saat merasa ngantuk di kantor bisa menurunkan performa memori yang akan mengganggu aktivitas kantor

5 Fakta Tentang Tidur Siang Yang Penting Diketahui (2)

FENOMAGZ – Fenomen, apakah Anda tipe orang yang sering atau terbiasa tidur siang? Kebiasaan tidur siang memang biasanya dimiliki oleh anak-anak. Namun sebenarnya, benarkah tidur siang hanya untuk anak-anak saja? Apakah orang dewasa juga membutuhkan tidur siang? Atau benarkah orang yang sering tidur di tengah hari yang bolong adalah tanda orang yang malas? Yuk, ketahui jawaban tentang fakta dan mitos tidur siang berikut ini.

  1. Tidur siang lebih efektif mengusir kantuk dibandingkan minum kopi

Kopi yang mengandung kafein memang dapat diandalkan untuk mengusir rasa kantuk. Tapi di lain sisi, justru secangkir kopi yang Anda minum tersebut dapat menurunkan performa memori, sehingga dapat mengganggu aktivitas Anda. Jadi untuk mengembalikan fokus Anda, yang harus dilakukan adalah biarkan tubuh istirahat dan tidur siang sesaat.

  1. Tidur siang di kantor bisa bikin lebih produktif

Fenomen, tak hanya anak kecil, orang sakit, atau lansia saja lho yang boleh tidur di siang hari. Para pekerja juga sebenarnya perlu untuk membiasakan tidur siang. Tak perlu terlalu lama atau berjam-jam, Anda hanya perlu menggunakan setengah atau seperempat waktu istirahat Anda untuk memejamkan mata dan membuat diri Anda jadi lebih nyaman.

Selain akan membuat Anda jadi lebih produktif, tidur di siang hari juga dapat meningkatkan fungsi otak lho, sehingga pekerjaan Anda lebih cepat selesai dan menghasilkan hasil yang baik.

Baca juga:   Anda Penderita Diabetes? Ini 8 Jenis Buah Yang Aman Anda Konsumsi (1)
  1. Tidur siang terlalu lama bisa membuat perasaan tidak nyaman

Anda pernah merasa tidak nyaman setelah tidur di tengah hari bolong? Mungkin Anda sedang mengalami inersia tidur. Inersia tidur adalah perasaan canggung dan tidak nyaman yang timbul akibat bangun dari tidur yang lelap. Biasanya kondisi tersebut disebabkan oleh waktu tidur yang terlalu lama.

Para ahli menyebutkan bahwa tidur di siang hari memang tidak perlu terlalu lama, yang terpenting adalah kualitas tidurnya. Maksimal durasi yang dibutuhkan untuk tidur siang hanyalah 30 menit. Oleh karena itu, Anda tetap masih bisa melakukannya meski sedang bekerja di kantor. (fmz/pm)

Comments
Loading...