Yuk, Ketahui Gejala Saat Tubuh Kekurangan Kalium

Semakin banyak natrium yang Anda konsumsi, akan semakin banyak juga kalium yang dikeluarkan tubuh

 

FENOMAGZ – Fenomen tahu kalium? Kalium merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk Anda konsumsi sehari-hari. Menurut seorang nutrisionis, asupan kalium sangat penting untuk menjaga kekuatan otot, fungsi syaraf, dan sistem kardiovaskular yang sehat. Kalium sendiri bisa Anda temui pada sumber seperti melon, alpukat, dan pisang.

Namun, meskipun Anda sudah banyak mengonsumsi sumber kalium, Anda tetap beresiko defisit. Mengapa? Semakin banyak natrium yang Anda konsumsi, akan semakin banyak juga kalium yang dikeluarkan tubuh.

Lalu, apa saja gejala-gejala atau tanda-tanda yang diperlihatkan tubuh saat Anda kekurangan kalium? Berikut penjelasannya.

  1. Sering kelelahan

Yuk, Ketahui Gejala Saat Tubuh Kekurangan Kalium

Dibutuhkan jumlah kalium yang tepat agar setiap sel dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik. Tentu saja tubuh akan jadi mudah lelah jika kekurangan kalium. Ketika Anda merasa sudah cukup tidur dan olahraga namun tubuh masih terasa lelah, ada kemungkinan Anda kekurangan asupan kalium.

  1. Otot-otot terasa lemah atau kram

Yuk, Ketahui Gejala Saat Tubuh Kekurangan Kalium

Kalium berperan penting dalam fungsi kontraksi otot polos. Maka dari itu, ketika Anda kekurangan asupan kalium, ada kemungkinan otot Anda akan sering nyeri, lemah atau bahkan kram.

  1. Sering pusing dan ingin pingsan

Yuk, Ketahui Gejala Saat Tubuh Kekurangan Kalium

Fenomen sering merasa pusing dan rasanya ingin pingsan? Bisa jadi itu tanda bahwa Anda kekurangan asupan kalium dalam tubuh. Kekurangan kalium dalam jangka panjang dapat memperlambat detak jantung, sehingga Anda akan merasa sering pusing dan seperti ingin pingsan. Jika kondisinya seperti ini dan Anda curiga kekurangan kalium, sebaiknya segeralah periksakan diri ke dokter.

  1. Sembelit

Yuk, Ketahui Gejala Saat Tubuh Kekurangan Kalium

Kadar kalium yang rendah akan memperlambat fungsi tubuh. Tak hanya fungsi tubuh, sistem pencernaan Anda juga akan menjadi lambat prosesnya Selain akan menjadi sulit buang air besar, kondisi ini juga dapat membuat Anda mengalami kembung dan kram perut.

  1. Sering kesemutan dan mati rasa

Yuk, Ketahui Gejala Saat Tubuh Kekurangan Kalium

Kalium juga berfungsi untuk menjaga saraf tetap sehat. Maka dari itu, ketika Anda kekurangan asupan kalium, dalam jangka panjang Anda bisa saja menjadi sering merasa kesemutan dan mati rasa. (fmz/pm)

Comments
Loading...