Fenomagz
Unleash the Wild Side

Siapa Sangka Hal Tak Terduga Ini Bisa Menyebabkan Ketulian?

Banyak faktor yang bisa menyebabkan telinga menjadi tuli, salah satunya adalah seringnya mendengarkan lagu menggunakan earphone

 

FENOMAGZ –¬†Fenomen sering mendengarkan lagu dengan menggunakan earphone? Hati-hati Fenomen, sering mendengarkan lagu menggunakan earphone dapat menyebabkan telinga menjadi tuli lho!

Ketulian karena bising merupakan gangguan pendengaran yang bisa dialami siapa saj. Sifatnya pun bisa sementara atau permanen. Jika mengalami tuli sementara, setelah beberapa waktu pendengaran akan kembali secara normal. Namun, apabila tuli permanen, Anda diharuskan menggunakan alat bantu dengar.

Tak hanya karena sering mendengarkan lagu lewat earphone saja yang bisa menyebabkan telinga menjadi tuli. Kejadian tidak terduga seperti bekerja di pabrik dan menonton konser musik juga bisa jadi penyebab telinga menjadi tuli.

Lalu, apa saja penyebab tak terduga lain seseorang bisa mengalami ketulian karena bising? Berikut adalah daftarnya.

  1. Petasan dan kembang api

hal-hal yang bisa membuat telinga menjadi tuli

Petasan dan kembang api lumrah dinyalakan ketika menyambut tahun baru atau acara penting lainnya. Namun, sebaiknya Fenomen jangan berada terlalu dekat dengan nyala petasan dan kembang api jika tak ingin kehilangan pendengaran.

Selain beresiko cedera luka bakar, petasan dan kembang api juga memiliki suara yang cukup kencang, yaitu mencapai 150 desibel. Hal tersebut tentu saja bisa mengganggu pendengaran bahkan menyebabkan ketulian sementara.

Bahaya Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud

  1. Balon meletus

hal-hal yang bisa membuat telinga menjadi tuli

Seorang peneliti dari Universitas Albarta di Kanada mengadakan penelitian tentang ukuran bunyi yang dihasilkan dari ledakan balon dengan tiga cara yang berbeda, yaitu dengan meletuskan balon dengan jarum, meniup balon hingga pecah, dan menekan balon hingga pecah.

Baca juga:   Cumbu Pasanganmu di Bagian Ini Agar Cepat Terangsang

Dalam studinya, peneliti menggunakan pelindung telinga, mikrofon bertekanan tinggi, serta preamplifier. Hasilnya menunjukan bahwa suara ledakan yang terjadi dengan meniupkan balon hingga pecah mencapai 168 desibel. Ini berarti 4 desibel lebih keras dibandingkan dengan suara senapan.

Benarkah Kotoran Telinga Bisa Mendeteksi Kesehatan Seseorang?

  1. Tinggal dekat bandara

hal-hal yang bisa membuat telinga menjadi tuli

Tinggal dekat bandar udara membuat seseorang sering mendapat pajanan bising yang kuat. Berdasarkan data, suara mesin jet pesawat bisa menimbulkan bising hingga 130 desibel. Tak heran jika para pekerja ground handling di bandar udara selalu menggunakan earmuff.

  1. Arena bermain anak

hal-hal yang bisa membuat telinga menjadi tuli

Arena bermain anak (arcade) memiliki ragam permainan, mulai dari tembak-tembakan hingga balapan. Suara yang dihasilkan oleh alat permainan ini sangat keras, yaitu mencapai 90 desibel.

Padahal batas aman pajanan bising ke telinga adalah 80 desibel. Untuk itu, jangan ragu untuk menggunakan earmuff pada anak Anda ketika sedang bermain. Ada baiknya batasi waktu bermain anak Anda tidak lebih 30 menit untuk mengurangi resiko ketulian. (fmz/pm)

Comments
Loading...