Jangan Salah, Hal Sepele Ini Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan Lho

Judi

judi

Ternyata hal-hal sepele seperti hidung banyak upil, rambut ketombean, dan lain-lain bisa mendeteksi kondisi kesehatan tubuh lho

 

FENOMAGZ – Rambut ketombean, bau mulut, hidung penuh upil, dan telinga ‘congekan’ merupakan contoh hal-hal menyebalkan yang bisa terjadi pada tubuh Fenomen. Selain tidak nyaman, hal-hal tidak mengenakan tersebut tentunya juga bisa mengurangi rasa percaya diri.

Sebagian besar hal-hal tak mengenakan tersebut memang tak selalu mencirikan adanya penyakit pada tubuh Anda. Namun pada beberapa kasus, hal-hal menyebalkan tersebut bisa terjadi secara terus menerus dan merupakan tanda munculnya berbagai masalah kesehatan. Apa saja hal-hal menyebalkan yang bisa jadi masalah kesehatan?

  1. Hidung penuh upil

Jangan Salah, Hal Sepele Ini Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan Lho

Merupakan suatu hal yang wajar jika hidung Anda banyak upil. Karena upil terbentuk dari kotoran atau debu yang masuk dan mengeras ke hidung. Namun berbeda halnya jika hidung Anda banyak upil secara terus menerus Bisa jadi Anda mengalami rhinitis ozaena.

Pernahkah Anda mencium bau tidak sedap, sementara tidak ada seorang pun yang menciumnya selain kita? Kemungkinan bau tersebut berasal dari lubang hidung sendiri. Penyebabnya adalah rhinitis ozaena, sebuah infeksi kronis di lubang hidung.

Selain mengeluarkan bau tidak sedap, kondisi ini juga ditandai dengan peningkatan produksi upil. Akibatnya, pasien cenderung mengalami rasa tidak nyaman dan kesulitan bernapas.

  1. Telinga ‘congekan’

Jangan Salah, Hal Sepele Ini Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan Lho

Kotoran telinga yang meleleh keluar sebenarnya bukan masalah kesehatan. Kotoran tersebut bisa saja dibersihkan dengan menggunakan tisu.

Namun apabila kotoran telinga yang meleleh tersebut berbau, bisa terjadi itu karena infeksi akibat pecahnya gendang telinga. Jika tak ditangani, kondisi tersebut akan meningkat menjadi otitis media supuratif kronik (OMSK) dalam waktu dua sampai tiga bulan.

Saat gendang telinga pecah, telinga akan mengeluarkan cairan atau nanah yang seringkali disebut ‘congek’ oleh masyarakat awam. Cairan akan keluar terus menerus sehingga membuat telinga sering berair. Pada beberapa kasus, cairan ini juga bisa mengeras dan mengering di dalam telinga, sehingga membuat Anda mengalami gangguan pendengaran.

  1. Ketombe di rambut

Jangan Salah, Hal Sepele Ini Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan Lho

Banyak faktor yang menyebabkan munculnya ketombe, mulai dari debu dan keringat yang menempel di rambut, hingga berlebihnya jamur malassezia. Sebenarnya, ketombe bisa  Anda hindari dengan menjaga kebersihan dan kesehatan rambut

Jika ketombe tak hilang dengan produk kesehatan rambut biasa, itu tandanya Anda mengalami masalah serius, yaitu infeksi jamur ringworm yang dapat menyebabkan ketombe berlebih serta merusak kesehatan kulit kepala.

Selain itu, jamur tinea juga dapat menyebabkan munculnya ketombe parah pada kulit kepala. Jamur tinea memicu adanya grey patch, yaitu adanya bercak abu-abu di kulit kepala yang areanya lebih luas dan hanya di beberapa bagian kulit kepala saja.

  1. Bau mulut

Jangan Salah, Hal Sepele Ini Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan Lho

Bau mulut memang bisa terjadi apabila Anda sehabis mengonsumsi makanan dengan bau menyengat seperti jengkol, petai atau durian. Namun bau mulut yang terjadi terus-menerus ada tanpa sebab yang jelas bisa menandakan adanya infeksi di gigi.

Gigi berlubang atau mati dapat membuat mulut menjadi bau. Hal itu dikarenakan ada bakteri yang berkembang menimbulkan gas H2S yang berbau khas.

Faktor lain yang bisa memicu bau mulut adalah dehidrasi. Kondisi dehidrasi menghambat produksi air liur. Padahal, air liur berperan menumpas bakteri di mulut.

Sehingga, tanpa air liur, bakteri bisa tumbuh subur di dalam mulut. (fmz/pm)

Comments
Loading...