advertisement

Haruskah Memberi Tahu Pasangan Jika Mengidap Penyakit Kelamin?

berikut ini penjelasan mengapa harus memberi tahu pasangan jika mengidap penyakit kelamin

Judi

judi

judi

FENOMAGZ – Sulit memang untuk berbicara blak-blakan mengenai penyakit Anda dengan pasangan. Akan tetapi, Anda harus jujur pada pasangan jika Anda benar terdiagnosis penyakit kelamin menular. Ini adalah sebuah keharusan sebuah tanggung jawab, bahkan. Di beberapa negara, menyembunyikan status kesehatan seksual kepada pasangan dapat menjerumuskan Anda ke balik jeruji.

Baca juga: 5 Masalah Seks Yang Paling Dikhawatirkan Pria

Memberi tahu pasangan seputar kondisi yang Anda idap bukanlah untuk menakut-nakuti atau mempermalukan diri sendiri. Penolakan, amarah, cibiran, gunjingan, semua ini mungkin harus Anda hadapi sebagai konsekuensinya. Akan tetapi, sepahit apa pun kenyataan ini, Anda tetap harus menyampaikannya. Ini menyangkut kesehatan dan nyawa orang lain. Ini juga soal menghormati orang lain.

Terlebih, Anda seharusnya tidak hanya memberitahukan kondisi ini pada pasangan Anda yang sekarang, namun juga pada mantan pasangan Anda. Ya. Terlepas apakah Anda dan sang mantan pernah berhubungan seks atau tidak, Anda tetap perlu memberi tahu mereka. Meskipun Anda berhubungan seks dengan kondom sekalipun, Anda akan tetap perlu memberitahukannya.

Dengan memberi tahu pasangan (dan mantan pasangan), mereka bisa segera memeriksakan kondisi kesehatannya juga untuk memastikan apakah mereka tertular atau tidak. Jika ya, mereka dapat sesegera mungkin mendapatkan pengobatan yang tepat sebelum kondisinya makin parah sekaligus mencegah penyebaran penyakit semakin meluas ke orang lain. Jika tidak, mereka dapat mulai merencanakan langkah pencegahan yang sesuai untuk ke depannya.

Jika Anda memiliki pasangan yang baru pun, Anda harus memberi tahu kondisi Anda sebelum memutuskan melakukan hubungan seksual. Begitu pula dengan dirinya. Sangatlah penting untuk Anda berdua untuk saling terbuka dan berbagi mengenai riwayat seks masing-masing. Hal ini dapat membantu Anda berdua untuk merencanakan solusi terbaik supaya bisa melakukan seks yang aman.

Seseorang akan cenderung memercayai dan menghormati orang-orang yang berani jujur tentang kondisinya sebelum terjun ke hubungan yang semakin dalam. (fmz/bb)

Comments
Loading...