Fenomagz
Unleash the Wild Side

Hati-Hati Fenomen! Sering Tidur Bisa Mengakibatkan Kematian

0

Faktanya, orang yang jam tidurnya berlebihan akan menghadapi berbagai masalah kesehatan

 

FENOMAGZ – Tidur merupakan hal yang penting untuk mengistirahatkan tubuh setelah lelah melakukan aktivitas seharian. Idealnya, orang dewasa memerlukan waktu 7-8 jam dper hari untuk beristirahat.

Umumnya, ketika seseorang tidak memiliki waktu tidur yang cukup, akan timbul risiko kesehatan tertentu. Namun, sadarkah Fenomen bahwa terlalu banyak tidur juga dapat memiliki efek kesehatan yang merugikan? Faktanya, mereka yang jam tidurnya berlebihan juga menghadapi berbagai macam risiko yang berkaitan dengan kesehatan.

akibat sering tidur

Berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan apabila terlalu banyak tidur, seperti dilansir Livestrong, Minggu (26/2/2017).

  1. Gangguan kardiovaskular

Sebuah studi yang dilakukan Warwick Medical School pada tahun 2007 menunjukkan bahwa tidur terlalu banyak dapat meningkatkan risiko kematian dini akibat penyakit jantung.

Dalam studi tersebut, peneliti mengatakan orang yang tidur lebih dari 7 jam setiap malam, akan 2 kali lebih mungkin mengalami penyakit jantung, dibandingkan orang yang rutin tidur 7 jam setiap malam.

  1. Diabetes

Kurang tidur diketahui dapat meningkatkan risiko diabetes. Hal yang sama terjadi juga terjadi pada orang yang terlalu banyak tidur. Seseorang yang tidur lebih dari 9 jam setuap malam, memiliki 50 persen risiko lebih besar menderita diabetes.

Ilmuwan tidak tahu pasti mengapa risiko diabetes menjadi lebih tinggi, tetapi dapat menunjukkan indikasi masalah kesehatan mendasar yang menyebabkan diabetes dan menyebabkan tidur berlebihan.

  1. Sering pusing

Jika Fenomen bukan termasuk orang yang biasa tidur lama, dan suatu saat Anda tidur lebih lama dari biasanya, pasti Fenomen akan bangun dalam keadaan kepala pusing.

Baca juga:   Tips Manfaatnya Olahraga Dimalam Hari

Para peneliti meyakini hal ini disebabkan kelebihan tidur memengaruhi neotransmitter tertentu pada otak, termasuk serotonin. Orang-orang yang tidur terlalu lama pada siang hari dan mengacaukan jam tidurnya pada malam hari, biasanya juga akan merasa pusing saat bangun pagi. Selain pusing, kebanyakan tidur juga bisa menyebabkan sakit kepala dan nyeri punggung.

  1. Depresi

Efek lain dari terlalu banyak tidur adalah peningkatan risiko gangguan mental seperti depresi. Orang yang depresi mungkin merasa ingin lebih banyak tidur, namun pada gilirannya tidur berlebihan dapat memperburuk depresi.

Hal yang sama juga berlaku pada orang yang menderita sakit punggung kronis dan sakit kepala. Orang yang mengalami kondisi terburuk mungkin ingin lebih banyak beristirahat dengan tidur, tapi jika dilakukan berlebihan, tidur justru dapat membuat kondisi semakin parah.

  1. Obesitas

Orang yang kekurangan tidur kerap disebut lebih mudah menaikkan berat badannya. Akan tetapi, tidur terlalu lama pun bisa membuat bobot badan melonjak. Orang yang tidur selama 9 atau 10 jam setiap malam kemungkinannya untuk mengalami obesitas selama enam tahun adalah 21 persen lebih besar daripada mereka yang tidur 7 atau 8 jam saja. Bahkan, efek kelebihan tidur terhadap berat badan ini tetap sama meskipun Anda sudah mengatur asupan makanan dan berolahraga.

  1. Kematian

Hasil studi menunjukkan, orang-orang yang tidur 9 jam atau lebih semalam, memiliki tingkat kematian yang jauh lebih tinggi daripada orang yang tidur 7 atau 8 jam per malam. Memang tak ada penjelasan ilmiahnya, namun kemungkinan ada kaitannya dengan kebiasaan orang-orang dari status sosioekonomi yang lebih rendah tadi. Jika problem kesehatan yang mereka alami tidak ditangani secara medis, dan hanya diatasi dengan berlama-lama tidur, tidak mengherankan bisa mereka lebih cepat menghadapi kematian. (fmz/pm)

Baca juga:   Fenomen Bingung Kenapa Sering Kali Hilangnya Ereksi? Yuk Cari Tahu
Comments
Loading...