Fenomagz
Unleash the Wild Side

Hindari Kesalahan ini Agar Puasa Anda Bermanfaat

secara tidak sadar, beberapa orang sering melakukan kesalahan saat menjalani ibadah puasa. Saat puasa

0

 

FENOMAGZ – Ramadan memang waktu yang pas untuk mendapatkan manfaat spiritual dan kesehatan. Namun secara tidak sadar, beberapa orang sering melakukan kesalahan saat menjalani ibadah puasa. Saat puasa, kadar gula darah menurun. Dengan begitu sebagian besar orang berhasil menurunkan berat badan dan kadar kolestrol nya.

Berikut ada beberapa orang yang tidak mendapatkan manfaat itu karena melakukan banyak kesalahan. Mau tau apa saja kesalahan yang sering dilakukan? Yuk mari kita simak bersama.

Terlalu banyak minum minuman manis

Saat berbuka puasa minuman manis memang seringkali dijadikan pilihan menu berbuka. Namun ternyata hal itu tidak baik jika di konsumsi terus menerus. Batasi lah diri anda untuk minum minuman yang mengandung gula tinggi dua kali seminggu. Tidak mengkonsumsi. Gula dengan berlebihan membantu tubuh terhindar dari peningkatan kadar gula darah.

Minum banyak air saat puasa

Mungkin anda takut kehausan karena diharuskan tidak minum air selama kurang lebih dua gelas jam sehingga saat sahur anda minum sebanyak-banyaknya. Padahal itu adalah cara yang salah. Ada baiknya, anda meminum banyak air setelah waktu berbuka puasa.

Melakukan kegiatan olahraga ekstrim.

Berolahraga seperti nge- gym setelah berbuka puasa memang tidak dilarang. Tapi tunggulah setiaknya dua jam setelah anda berbuka puasa. Hal ini dapat memberikan kesempatan pada tubuh untuk mencerna makanan dengan baik.

Mengunyah dan menelan makanan dengan terburu-buru.

Selapar apapun anda, janganlah mengkonsumsi makanan secara terburu-buru, apalagi lapar mata. Membuat anda ingin memakan semua yang tersedia di depan mata. Cobalah untuk mengunyah dan menelan makanan dengan pelan agar pencernaan anda tidak terganggu.

Baca juga:   Benarkah Kulit Gatal Bertanda kamu Mengalami Stres

Langsung mengkonsumsi makanan pencuci mulut.

Mengkonsumsi makanan pencuci mulut setelah anda menyantap makanan berbuka puasa hanya membantu anda mengantuk. Berilah waktu setidaknya dua jam jika anda ingin memakan makanan penutup.

Konsumsi makanan yang mengandung sodium.

Saat sahur, hindarilah makanan yang asin karena bisa menimbulkan rasa haus, hindarilah makanan yang asin karena bisa menimbulkan rasa haus. Ada baiknya anda mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium seperti pisang karena bisa membantu anda mengendalikan rasa haus. (fmz/pz)

Comments
Loading...