Hindari Makanan dan Minuman Ini Jika Inginkan Gigi Sehat

Berikut ini beberapa makanan lainnya yang harus Anda hindari jika ingin memiliki gigi yang sehat

FENOMAGZ – Gigi yang sehat merupakan idaman bagi setiap orang. Sayangnya, seringkali gaya hidup yang salah membuat gigi terserang berbagai penyakit dan infeksi.

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang paling mengganggu segala aktivitas, termasuk istirahat dimalam hari.

Selain akibat gaya hidup, beberapa penyakit gigi juga di sebabkan oleh makanan yang manis seperti permenkaret. Berikut ini beberapa makanan lainnya yang harus Anda hindari jika ingin memiliki gigi yang sehat:

Teh dan kopi

Terlalu banyak minum teh dan kopi dapat menodai gigi. Selain itu, kandungan asam tannic dalam kopi dapat mempengaruhi lapisan enamel gigi anda, sehingga menodai gigi dan membuatnya berwarna cokelat.

Baca juga: Makan Dada Ayam Jamin Ereksi Pria Lebih Tahan Lama

Tak hanya itu, kandungan gula juga membuat gigi menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri. Solusinya, ganti kopi dan teh harian anda dengan secangkir teh hijau.

Soda dan minuman manis

Minuman berkarbonasi kebanyakan mengandung asam dan itu buruk bagi kesehatan. Selain itu, minuman ringan biasanya mengandung gula, fosfor dan asam sitart yang mengikis enamel, gigi mudah copot dan gigi berlubang.

Untuk mengurangi efeknya, jangan terlalu banyak konsumsi ini dan minumlah air putih yang banyak setelah konsumsi minuman tersebut.

Keripik kentang

Cemilan seperti kerpik kentang mudah terselip di antara gigi. Hal ini mempermudah bakteri berkembang di sekitar rongga mulut.

Makan lengket

Makanan lengket seperti kismis, jelly dan selai dapat membuat berbagai masalah gigi. Untuk mengatasinya, berkumurlah setelah mengkonsumsi makanan lengket. Selain itu, pastikan anda menyikat gigi dengan bersih dan tidak ada makanan yang tersisa dan menempel di gigi.

Es

Minuman dan makan yang terlalu dingin atau keras akan memberikan efek negatif pada enamel gigi. Sering mengunyah es membuat enamel berkurang dan berisiko meningkatkan patah pada tulang gigi. (fmz/bb)

Comments
Loading...