Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini Alasan Mengapa Jari Bisa Keriput Jika Lama Di Dalam Air

0

Pernahkah timbul dalam benak Anda penyebab jari tangan keriput saat lama di dalam air

 

tangan keriput

 

FENOMAGZ –  Pernahkan Fenomen merasakan tangan keriput? Umumnya, jika seseorang mandi terlalu lama atau terkena air terlalu lama pasti jari tangan dan kaki Anda akan berkerut. Namun, pernahkah timbul dalam benak Anda mengapa hal itu bisa terjadi?

Berikut adalah alasan mengapa jari tangan dan kaki Anda berkerut jika terkena air dalam waktu lama.

Banyak orang berpikir bahwa kulit akan membengkak jika berada di bawah air karena kulit menyerap air. Sementara yang lainnya percaya bahwa keriputnya jari tangan dan kaki diakibatkan oleh terjadinya osmosis. Tapi, ternyata hak tersebut tidak benar.

Jika osmosis adalah alasan di balik mengerutnya jari tangan dan kaki, pasti bagian lain dari tubuh Anda juga akan mengalami osmosis dan bukan hanya ujung jari tangan dan jari kaki Anda.

Tapi, ternyata keriputnya jari kaki dan tangan disebabkan oleh respon dari saraf simpatik yang terdapat di jari. Jika saraf simpatik dari jari-jari dipotong, tidak akan ada kerutan lagi ketika terlalu lama terkena air. Hal inilah yang membuktikan bahwa penyebabnya terkait dengan sistem simpatik.

Sistem saraf simpatis merupakan bagian dari sistem saraf pusat, yang bertanggung jawab atas respon dalam tubuh. Sistem saraf simpatis mengontrol sejumlah fungsi, termasuk denyut jantung dan tekanan darah.

Pembuluh darah tepi akan menegang ketika sistem saraf simpatik mengalihkan darah ke pusat tubuh dan otot-otot utama serta organ. Ketika sistem simpatis diaktifkan, pembuluh darah jari tangan dan kaki menyempit, sehingga membatasi aliran darah ke jari-jari tangan dan jari kaki Anda.

Baca juga:   Bangkitkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda, Dengan cara ini

Volume darah yang berkurang di lapisan dalam jaringan lunak mengakibatkan kulit tertarik ke dalam dan menciptakan lipatan yang kita kenal sebagai keriput.

Pada tahun 2011, seorang ahli neurobiologi, Mark Changizi, berteori bahwa kulit jari tangan dan kaki yang keriput akan membantu Anda mudah memegang benda-benda yang basah atau benda yang terendam.

Menurutnya, kerutan di kaki dapat membantu Anda berjalan dengan aman, karena membuat pijakannya lebih baik di lantai yang basah. Teori ini pun telah dibuktikan melalui penelitian. (fmz/pm)

Comments
Loading...