Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini Bahaya Mencabut Bulu Hidung

0

Walaupun mengganggu, bulu hidung yang melebihi rongga hidung sebaiknya jangan dicabut

 

FENOMAGZ – Dalam tubuh kita terdapat bagian-bagian tertentu yang secara alami di tumbuhi bulu. Masing-masing dari bulu mempunyai fungsi yang berbeda yang diperlukan oleh tubuh kita. Misalnya bulu hidung, bulu hidung berfungsi sebagai filter atau penyaring partikel-partikel kecil seperti bakteri, debu, jamur atau spora yang masuk ke dalam hidung.

Kegunaan bulu hidung memang sangat fital, tapi kadang kala dapat mengganggu penampilan karena tumbuh berlebih hingga melebihi rongga hidung.  Hal ini dapat mengusik kenyamanan sehingga membuat kita mencabut bulu hidung tersebut. Padahal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut adalah dampak mencabut bulu hidung bagi kesehatan.

Pendarahan Ringan

Saat bulu hidung kamu dicabut, maka bulu-bulu tersebut sama saja ditarik secara paksa. Akibatnya, pendarahan ringan pun terjadi. Meski nggak membutuhkan penanganan khusus, namun pendarahan ini menimbulkan rasa sakit ketika darah di hidungmu mengalir. Setelah pendarahan berhenti, rasa perih akan tetap terasa pada bekasnya. Jangankan membersihkan bagian dalam hidung, menyentuh hidung pun akan bikin kamu meringis kalau hal ini sudah terjadi.

Infeksi

Jika pendarahan ringan sudah terjadi, hidungmu juga terpicu untuk mengalami infeksi.  Karena, pada saat pendarahan, ada bagian kecil yang terbuka di bagian dalam hidung. Melalui bagian tersebut, kuman dan bakteri dari tangan yang menyentuh hidung akan masuk kemudian tersebar ke bagian tubuh lainnya lewat pembuluh darah. Bakteri ini tidak hanya tersebar, tapi juga dapat berkembang dalam tubuh.

Luka di Rongga Hidung

Selepas infeksi, bekas bulu hidung yang dicabut akan mengering dan timbullah luka. Luka ini membuat semua orang yang mengalaminya tersiksa karena tidak memungkinkan untuk menyentuh daerah sekitar hidung. Bahkan, banyak yang mengakui bahwa saat bernapas pun rasa sakit akibat luka ini pun juga terasa.

Ingrown Nose Hair

Bulu hidung yang dicabut akan tergantikan dengan bulu baru yang tumbuh lewat liang roma. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bulu-bulu baru untuk tumbuh di lapisan dalam kulit. Inilah yang disebut dengan ingrown nose hair. Bulu hidung tersebut nggak keluar ke permukaan kulit karena mengalami extrafollicular penetration (tumbuh masuk ke dalam kulit). Hal ini juga mengakibatkan radang yang menyakitkan hidung.

Mimisan

Penyebab mimisan memang beragam, salah satunya adalah mencabut bulu hidung. Bulu hidung yang dicabut dengan keras dapat mengenai sumber pembuluh darah di dalam rongga hidung. Saat itulah mimisan akan terjadi.

Perforasi Septum

Perforasi septum adalah kerusakan pada rongga hidung yang bikin Fenomen tidak nyaman setelah mencabut bulu hidung. Kerusakan selepas mencabut bulu hidung ini bisa menimbulkan beragam bentuk, mulai dari luka, bisul kecil, atau kerak dari mengeringnya lendir yang sulit dihilangkan.

Jerawat Hidung

Dimanapun letaknya, yang namanya jerawat pasti bikin tidak nyaman dan bikin bete. Termasuk jerawat yang tumbuh di dalam hidung akibat mencabut bulu hidung. Munculnya jerawat ini berasal dari kuman dan bakteri yang masuk ke lapisan hidung akibat sentuhan langsung dari tangan atau benda apapun yang Fenomen masukkan ke dalam hidung. Kalau jerawat ini sudah pecah, rasa sakitnya bisa semakin terasa. (fmz/pm)

Comments
Loading...