Ini Dia Cara Kerja Makanan dan Lingkungan Merusak Sperma Pria

berikut ini cara kerja makanan dan lingkungan merusak sperma

FENOMAGZ – Sekitar 30% kasus sulit hamil dipengaruhi oleh masalah kesuburan pada pria. Banyak hal yang dapat menyebabkan pria usia produktif menjadi tidak subur, terutama radikal bebas yang Anda dapatkan dari makanan yang tidak sehat dan polusi udara yang bisa merusak kualitas sperma. Para periset menyakini bahwa beberapa makanan tertentu dapat membalikkan dampak negatif tersebut. Sejumlah studi yang telah dilakukan juga melaporkan bahwa jenis makanan untuk kesuburan pria terbaik adalah yang mengandung tinggi likopen, antioksidan pemberi warna cerah pada beberapa buah dan sayuran.

Baca juga: Tips Berhubungan Seks Yang Aman Dan Menyenangkan Meski Memakai Kondom

Sel sperma butuh sekitar 75 hari untuk bertumbuh dan matang. Nah, ada tiga faktor penting yang menjadi perhatian ketika kita membicarakan kualitas sperma, yaitu jumlah sperma, bentuk, dan gerakannya. Jika ada satu saja kelainan dari ketiga faktor ini, risiko pria tidak subur atau bahkan mandul bisa meningkat.

Radikal bebas yang Anda dapat dari makanan tidak sehat dan lingkungan sekitar dalam jangka panjang dapat menurunkan kualitas sperma. Pasalnya, radikal bebas dalam tubuh bersifat merusak sel-sel sehat, termasuk juga sel sperma.

Kerusakan yang ditimbulan oleh radikal bebas terhadap sel sperma dapat mengganggu komposisi DNA, protein, dan membran lemak dari sel sperma sehingga mengacaukan bentuk sperma dan pergerakan atau motilitas sperma. Paparan radikal bebas dalam jangka waktu panjang juga mempersingkat usia hidup sel sperma. Padahal, sel sperma harus memiliki bentuk yang sempurna, kuat, dan bisa berenang cepat agar dapat membuahi sel telur perempuan. (fmz/bb)

Comments
Loading...