Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini dia Rahasia nya Bugar Saat Bangun di Pagi Hari

0

Saat tubuh merasa lemas dan lelah, konsentrasi pun akan menurun

bangun di pagi hari

FENOMAGZ – Apapun mimpi Anda semalam, pagi ini Anda harus bangun pagi. Ada banyak kegiatan dan agenda yang sudah menunggu. Masalahnya, sering kita alami, bangun tidur di pagi hari itu tak mudah, apagi jika semalam Anda begadang atau justru efek pesta cocktail semalam. Tubuh masih lemas dan semangat pun tak ada. Saat tubuh merasa lemas dan lelah, konsentrasi pun akan menurun. Suasana hati juga jadi berantakan karena mengawali pagi dengan kurang sempurna. Agar Anda bisa jadi morning person yang ceria dan bersemangat, ada 15 cara yang bisa Anda coba.

1. Minum air putih.
Awalilah bangun tidur di pagi hari Anda dengan minum segelas air putih bersuhu ruangan. Selain tubuh terhidrasi, air putih juga membantu membersihkan tubuh dari racun. Untuk efek yang lebih maksimal, Anda bisa menambah sedikit perasaan atau irisan lemon. Lemon memiliki kandungan elektrolit yang menyegarkan tubuh, sekaligus menjadi katalisator bagi kinerja liver yang lebih sehat.

2. Bergerak.
Setelah bangun tidur, janganlah tergoda untuk menarik selimut kembali dan bermalas-malasan karena justru akan membuat Anda makin lemas. Beranjaklah dari tempat tidur, lakukan stretchingdan lari-lari kecil di tempat. Bila rumah Anda bertingkat dua, berlari turun dan naik tangga selama beberapa menit agar tubuh siap bergerak untuk aktivitas berikutnya.

3. Tarik nafas dalam.
Tarik nafas dalam-dalam, lalu keluarkan secara perlahan. Bayangkan bernapas dalam cahaya putih terang yang membuat tubuh Anda merasa senang dan ringan. Cara ini bisa meningkatkan level serotonin (hormon bahagia). Perlu diketahui, dalam menarik nafas dalam-dalam, yang benar adalah mengambil dari perut, bukan diafragma. Untuk memastikan apakah pernafasan dilakukan dengan benar, perut harus mengembang saat menarik nafas atau harus membuncit.

Baca juga:   Tips Memulai Olahraga di Pagi Hari Sebelum Bekerja

4. Yoga sederhana.
Anda juga bisa melakukan gerakkan yoga sederhana dalam posisi downward dogdan plankdi pagi hari. Berikut caranya : posisikan dua tangan dan kedua lutut di lantai. Pelan-pelan angkat lutut hingga kaki dan tangan lurus. Posisi kedua tangan sejajar dengan telinga. Kepala harus sejajar di antara kedua lengan dengan pandangan lurus ke belakang. Tekan seluruh telapak dan jari tangan di lantai.

Bayangkan ada lem yang membuat tangan tidak bisa bergerak. Rasakan tangan ketarik dari bahu hingga pergelangan tangan. Seluruh telapak kaki harus menempel pada lantai tapi kalau belum biasa, tumit tidak perlu menempel di lantai. Tahan dalam posisi ini sekitar 30 – 60 detik. Posisi ini akan merevitalisasi organ dalam dan area dada serta perut. Membuat Anda lebih mudah mendapatkan energi dan semangat untuk beraktivitas.

5. Sarapan sehat.
Hindari makanan tinggi karbohidrat putih dan gula karena akan membuat gula darah cepat naik, tapi cepat juga turunnya. Hasilnya tubuh akan terasa semakin lemas. Konsumsilah diet seimbang yang kaya protein dan serat. Anda bisa mendapatkannya dari gandum utuh, brokoli rebus atau buah apel

6. Konsumsi suplemen.
Agar berenergi, konsumsilah 1000 – 2000 miligram Vitamin D dan 100 – 250 miligram magnesium per hari. Namun, perlu Anda ingat, mengonsumsi suplemen diperlukan apabila angka kecukupan vitamin dan mineral tidak tercukupi dari diet harian Anda. Jika nutrisi dari makanan sehari-hari cukup, Anda tak perlu mengonsumsinya agar tak terbuang percuma.

Baca juga:   Bahan Alami ini Bisa Membuat Kulit Tanpak Bersih Lho

7. Terkena sinar matahari pagi.
Sebelum tidur, biarkan tirai jendela kamar setengah terbuka. Dengan cara ini, cahaya matahari yang terbit akan masuk ke dalam kamar dan mengirim sinyal ke otak untuk memperlambat produksi melatonin dan meningkatkan produksi adrenalin, suatu sinyal yang memberikan informasi pada tubuh bahwa sudah waktunya bangun.

8. Setel alarm lebih awal.
Dengan menyetel alarm 15 menit lebih awal, maka Anda tidak perlu tergesa-gesa untuk bangun. Masih ada sedikit jeda untuk “mengumpulkan nyawa”, sebelum Anda bergegas. Hal ini penting agar fisik dan mental siap menjalani aktivitas sepanjang hari.

9. Meregangkan badan sambil membuka mata.
Regangkan badan selama 15 menit di tempat tidur. Angkat lengan ke atas, mulailah regangkan jari-jari tangan lalu lanjutkan ke bagian tubuh lain seperti kaki. Akhiri dengan meregangkan leher dan punggung dan kemudian bangkit dari tempat tidur.

10. Siapkan keperluan sejak malam hari.
Menyiapkan keperluan di malam hari akan membuat Anda lebih santai dan tak terburu-buru untuk menyiapkan keperluan di pagi harinya. Cara ini akan mengurangi kepanikan Anda sehingga badan terasa lebih segar.

11. Langsung bangun saat alarm berbunyi.
Untuk bisa bangun pagi dalam keadaan yang segar dan bugar, sebaiknya Anda segera bangun ketika alarm telah berbunyi. Jangan pernah mencoba untuk menekan tombol tunda atau snooze, meskipun itu hanya untuk jangka waktu 5 hingga 10 menit. Ketika Anda menekan tombol tunda dan kembali tertidur, maka pasti Anda akan semakin malas untuk bangkit dari tempat tidur.

12. Meditasi.
Berikut metode yang bisa Anda coba setelah mandi pagi, yaitu melepaskan stres dengan meditasi. Tak perlu lama-lama, cukup lakukan selama 3 – 5 menit. Sambil duduk bersila, pejamkan mata Anda, tenangkan pikiran, tarik nafas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan. Ulangi hingga beberapa kali. Meski hanya sebentar, meditasi dapat menenangkan pikiran sebelum Anda menghadapi kesibukan hari ini. Saat meditasi, afirmasikan hal-hal positif dalam pikiran Anda sehingga menimbulkan rasa semangat.

Baca juga:   Ini dia Pentingnya Membersihkan Wajah dengan Sabun Pencuci Muka

13. Bayangkan kegiatan yang bersemangat.
Awali hari Anda dengan sesuatu imajinasi yang bisa membangkitkan semangat. Salah satunya adalah dengan membayangkan kegiatan-kegiatan yang bersemangat. ketika kita mengerjakan suatu hal, ada bagian otak yang aktif. Separuh bagian otak ini bisa kita bangkitkan dengan imajinasi. Itu artinya, dengan membayangkan hari dan kegiatan yang bersemangat, separuh bagian otak kita sudah lebih dulu bekerja untuk membangkitkan energi positif. Ketika kita benar-benar melakukan apa yang kita bayangkan itu, maka level energi kita akan bertambah lagi.

14. Mandi dengan air dingin.
Setelah Anda terbangun dan memanaskan tubuh dengan sedikit beraktivitas, saat Anda membersihkan tubuh dengan mandi. Pilihlah mandi dengan air dingin daripada menggunakan air hangat. Suhu dingin akan merangsang syaraf-syaraf untuk bereaksi terhadap rangsangan, memperlancar aliran darah, dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

15. Tidur cukup.
Tubuh memerlukan waktu tidur yang cukup. Rata-rata orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7 – 8 jam per hari. Tidur yang cukup dapat membuat tubuh Anda menjadi segar dan bersemangat. Biasakan jam biologis tubuh Anda dengan waktu tidur yang cukup sehingga saat pagi hari, otak tercukupi kebutuhan oksigennya. (FMZ/PZ)

Comments
Loading...