Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini dia Resikonya Jika Anda Kerja Terlalu Keras

Ada juga karyawan yang tidak masalah walaupun memiiki seabrek pekerjaannya. Karyawan tersebut sering dikenal dengan istilah workaholic

0

 

FENOMAGZ – Tumpukan pekerjaan yang dikerjar deadline tidak jarang menyebabkan seorang pegawai merasa stress. Bila stress it uterus berlanjut dalam jangka panjang, tentunya akan menimbulkan masalah bagi kesehatan mental karyawan. Maka dari itu, karyawan sering memanfaatkan waktu libur akhir pekan atau mengambil cuti beberapa hari hanya untuk sekadar melepas penat.

Ada juga karyawan yang tidak masalah walaupun memiiki seabrek pekerjaannya. Karyawan tersebut sering dikenal dengan istilah workaholic. Karyawan yang masuk dalam kategori warkoholic adlah mereka yang sering terlihat kecanduan dan menghabiskan waktu untuk pekerjaannya.

Sebuah penelitian mengungkapkan seseorang yang workaholic memiliki risiko lebih cepat untuk meninggal dunia. Sebuah hasil penelitian terbaru kini menentang fakta tersebut. Penelitian dari kanada mengatakan orang-orang yang mencintai pekerjaannya tidak memiliki masalah kesehatan akibat kerja lembur dan menjawab email sepnjang hari.

Tim penelitian menganalisis tanggapan yang dianjurkan seputar jam kerja, tingkat kerja keras, keterlibatan dalam pekerjaan, serta kesehatan dan kesejahteraan karyawan.

Tanggapan kuesioner kemudian dianalisis dengan cara membagi data ke dalam beberapa kelompok. Hasilnya menunjukkan bahwa bekerja selama berjam-jam bukanlah indicator yang meningkatkan seseorang terkena sakit kepala, sakit perut, diabetes, dan penyakit jantung. Hasil ini berbeda dengan anggapan yang sering mengaitkan memang workaholic dengan keluhan fisik terkait stress.

Orang yang gila kerja dan terlihat dalam pekerjaannya tidak menunjukkan adanya risiko gangguan kesehatan yang serius. Malah, factor risiko mereka tergolong lebi9h rendah disbanding dengan orang-orang yang tidak gila kerja. Hal itu dikarenakan orang yang workaholic bekerja secara kompulsif.

Baca juga:   Olahraga pagi Sebelum Sarapan

Keryawan yang sering mengeluh stress dan kesengsaraan lainnya harus bertanya lagi lagi pada dirinya sendiri. Apa lasan saya bekerja begitu keras? Sebab, bila meraka mencintainnya. Sebaiknya, bila ada masalah kesehatan maka harus dilakukan perubahan. (fmz/pz)

Comments
Loading...