advertisement

Ini Dia Risiko Minum Pil KB Darurat Bagi Para Remaja!

berikut ini risiko dari mengonsumsi pil kb saat remaja

Judi

judi

judi

FENOMAGZ – Remaja di bawah 18 tahun sebaiknya tidak menggunakan pil KB darurat sebagai satu-satunya alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Pasalnya, belum ada bukti medis soal risiko jangka panjang pil KB darurat bagi remaja. Ini karena metode kontrasepsi darurat baru dikembangkan belum lama ini. Maka, efeknya bagi kesehatan dalam jangka panjang belum diketahui.

Baca juga: Benarkah Pecandu Film Porno Adalah Seseorang Yang Tidak Menikmati Seks?

Selain itu, kekhawatiran yang sering disuarakan adalah remaja belum mampu menelaah dan mengambil keputusan penting menyangkut kesehatannya. Itulah mengapa remaja tidak diperbolehkan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol. Maka, para ahli juga tidak menyarankan remaja untuk minum pil KB darurat. Pertimbangannya adalah remaja bisa saja jadi tidak berpikir panjang sebelum berhubungan seks karena merasa bahwa selama ada pil KB darurat, dirinya tak akan hamil.

Padahal, berhubungan seks di usia belia tetap memiliki berbagai risiko yang membahayakan. Misalnya, pengetahuan soal sistem reproduksi dan kesehatan seksual yang minim pada remaja bisa mengarah pada sikap yang sembrono seperti tidak menggunakan kondom. Hal ini bisa menyebabkan penularan penyakit kelamin atau kehamilan.

Bahaya lain yang patut dipertimbangkan adalah penyalahgunaan pil KB darurat. Overdosis pil KB darurat bisa menyebabkan muntah-muntah dan perdarahan. Remaja juga mungkin tidak menyadari kalau ada kontraindikasi atau reaksi alergi. Maka, para dokter anak dan spesialis kandungan meyakini bahwa cara terbaik bagi remaja untuk mencegah kehamilan adalah dengan tidak berhubungan seksual. (fmz/bb)

Comments
Loading...