Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini Efek Buruk Kecanduan Alkohol Bagi Tubuh

Sejatinya, apa yang dilakukan seseorang pasti akan berdampak pada kondisi kesehatannya, begitu juga dengan kebiasaan mengonsumsi alkohol

 

FENOMAGZ – Fenomen suka minum alkohol? Atau Fenomen adalah pecandu alkohol? Wah, berarti Fenomen harus berhati-hati. Sejatinya, apa yang dilakukan seseorang pastinya akan berdampak pada kondisi kesehatannya, begitu juga dengan kebiasaan Fenomen mengonsumsi alkohol.

Sebenarnya, apa saja dampak negatif yang bisa dialami tubuh saat Fenomen kecanduan alkohol? Berikut uraiannya.

  1. Meningkatnya resiko serangan jantung

efek buruk alkohol bagi tubuh

Menurut studi yang dipublikasikan oleh Jurnal of the American Heart Association, orang yang suka mengonsumsi alkohol beresiko tinggi mengalami serangan jantung. Kebiasaan mengonsumsi alkohol berhubungan dengan percepatan umur pembuluh darah arteri. Semakin banyak dan semakin sering seseorang minum alkohol, usia pembuluh darah arteri bertambah tua semakin cepat.

Akibatnya, pembuluh darah arteri tidak lagi memiliki elastisitas yang baik sehingga menyebabkan terganggunya peredaran dari jantung. Pembuluh darah arteri yang kaku membuat jantung bekerja lebih keras sehingga meningkatkan resiko seseorang mengalami serangan jantung.

  1. Mempengaruhi kemampuan ereksi

efek buruk alkohol bagi tubuh

Dr Adam Simon dari layanan dokter digital Push Doctor mengatakan bahwa kebiasaan minum alkohol terlalu banyak bisa berpengaruh pada kemampuan ereksi seorang pria. Memang tidak ada ketentuan pasti berapa banyak alkohol yang dikonsumsi sehingga dapat mempengaruhi performa seksual pria.

Simon menjelaskan bahwa alangkah baiknya Anda tidak minum 14 unit alkohol   dalam sepekan atau setara dengan 6 gelas wine atau bir. Karena jika Anda minum sebanyak ini, akan memicu masalah kesuburan dan seksual pada pria.

Normalnya, pembuluh darah akan terbuka untuk memperlancar aliran darah ke alat kelamin seorang pria, lalu menutup lagi agar darahnya tidak keluar begitu saja dan memudahkan seorang pria untuk memperoleh ereksi. Namun, jika Anda terlalu banyak minum alcohol, maka tubuh tidak akan bisa menyempurnakan proses tersebut sehingga aliran darah bisa keluar masuk sesuka hati.

Baca juga:   Makanan Wajib Konsumsi Setelah Lari Pagi

Ini dia Penyebabnya Disfungsi Ereksi Pada Pria

  1. Memicu kanker di 7 bagian tubuh

efek buruk alkohol bagi tubuh

Sebuah penelitian di jurnal Addiction, New Zealand menunjukkan bahwa mengonsumsi alkohol bisa memicu kanker di tujuh bagian tubuh. Ketujuh jenis kanker tersebut adalah kanker mulut dan kerongkongan, kanker laring, kanker esophagus, kanker usus besar, kanker hati, kanker payudara, dan kanker lambung.

Dr Jennie Connor mengatakan bahwa alkohol bertanggung jawab pada sekitar 500 ribu kematian akibat kanker pada tahun 2012. Angka tersebut diperkirakan mewakili 5,8 persen kematian akibat kanker di seluruh dunia.

Terkait dengan kanker hati, mengonsumsi alkohol  berlebihan berhubungan dengan pelemakan hati. Dalam jangka panjang, kondisi tersebut akan meningkatkan resiko sirosis atau pengerasan hati yang kadang-kadang berkembang menjadi kanker.

  1. Meningkatkan resiko terkena stroke

efek buruk alkohol bagi tubuh

Menurut Gergory Marcus, professor di University of California, San Fransisco (UCSF), mengonsumsi alkohol secara moderat dapat menyebabkan atrial fibrillation (AF) atau gangguan irama pada jantung. AF membuat darah membeku yang suatu saat bisa lepas menuju otak dan dapat menyebabkan stroke.

Merican Hearth Association menyebutkan bahwa satu gelas alkohol per hari berkaitan dengan peningkatan resiko AF sebanyak 5 persen per tahun. Hal ini juga berkaitan dengan pembesarana atrium sebelah kiri sebanyak 0,16 milimeter.

Kebiasaan Buruk Sehari-hari Yang Dapat Merusak Tubuh

  1. Memicu kenaikan berat badan

efek buruk alkohol bagi tubuh

Para peneliti dari Francis Crick Institute, London melakukan penelitian kepada mencit untuk melihat efek alcohol terhadap nafsu makan. Selama tiga hari mencit tersebut mendapat asupan alcohol setara 18 gelas ukuran sedang.

Baca juga:   Ingin Tubuh Terlihat Bugar? Ikuti saja Cara ini

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas neuron otak yang berhubungan dengan rasa lapar saat tubuh mendapat asupan alcohol. Semakin banyak mengonsumsi alkohol, makan akan semakin besar pula nafsu makan yang dimiliki.

Hal inilah yang membuat para pemabuk berat cenderung memiliki perut yang buncit dan kelebihan berat badan. Mereka tanpa sadar mengonsumsi terlalu banyak makanan akibat nafsu makan yang meningkat akibat mengonsumsi alkohol.

Bagaimana Fenomen? Masih mau mengonsumsi alkohol?

Comments
Loading...